Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Friday, 6 Syawwal 1441 / 29 May 2020

Mensos Minta Pemda Aktif Konfirmasi Data Kemiskinan

Senin 01 May 2017 06:22 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Angga Indrawan

Khofifah Indar Parawansa

Khofifah Indar Parawansa

Foto: Republika/Tahta Aidilla

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meminta pemerintah daerah aktif dalam mengkonfirmasi data kemiskinan. Lewat keaktifan itulah, maka proses pemutakhiran data kemiskinan akan membaik agar program pengentasan kemiskinan tepat sasaran.

Khofifah mengatakan Kemensos mempunyai Sistem Informasi dan Konfirmasi Data Sosial Terpadu (Siskada Satu). Dengan Siskada satu, Kemensos sudah menerima data kemiskinan per tanggal 9 Desember 2016 dan 27 Maret 2017 dari seluruh Kota dan Kabupaten di Indonesia. Tetapi, ia mengimbau Pemda juga aktif mengkonfirmasi data dari Siskada Satu.

"Kami ingin beri konfirmasi data, misal ada data katanya tidak valid, yang valid yang mana ini tolong dikonfirmasi oleh Pemda supaya bantuan tepat sasaran," katanya dalam kunjungannya di Kabupaten Tasikmalaya, Ahad (30/4).

Ia berharap Pemda melalui Dinsos tak sekedar menunggu data kemiskinan dari pemerintah pusat, melainkan aktif mendata dan mengonfirmasi. "Masing-masing daerah akan aktif konfirmasi siskada satu karena username dan kata sandi sudah diberikan ke Kabupaten dan Kota," tambahnya.

Selain itu, ia menyadari bahwa angka kemiskinan akan selalu berubah seiring faktor yang menyebabkan kemiskinan. Sehingga pihak Kemensos melakukan pemutakhiran data kemiskinan tiap dua kali dalam setahun. "Data ini bukan tidak valid tapi bergerak terus, kami beri waktu enam bulan untuk konfirmasi tapi harus closed data Mei. Silahkan crossing data kami mutakhirkan November lagi," jelasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA