Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Pasangan Muda, Beginilah Cara Mengelola Keuangan yang Benar

Kamis 27 Apr 2017 16:54 WIB

Red: Indira Rezkisari

Pasangan pengantin baru berpose untuk difoto di Masjid Niujie, Beijing, Selasa (16/7).(AP/Andy Wong)

Pasangan pengantin baru berpose untuk difoto di Masjid Niujie, Beijing, Selasa (16/7).(AP/Andy Wong)

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi Anda pasangan yang baru saja menikah, berbagai kebiasaan baru tentu akan mewarnai kehidupan rumah tangga tersebut. Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat Anda dan pasangan akan menyatukan dua kepala dan juga pemikiran dalam menyelesaikan berbagai hal di dalam rumah tangga. Meski pada awalnya telah saling mengenal antara satu dengan yang lainnya, tetap saja berbagai kebiasaan yang dimiliki oleh Anda dan juga pasangan seringkali berbeda.

Anda tentu paham benar, bahwa setelah menikah dan membangun sebuah rumah tangga, maka Anda dan pasangan juga akan memiliki kehidupan dan juga berbagai kebutuhan yang baru. Ketika telah menikah, maka penting untuk memahami dengan baik bahwa Anda akan memenuhi kebutuhan untuk hidup bersama pasangan.

Berapapun jumlah pendapatan Anda, berbagai kebutuhan ini adalah hal yang wajib untuk dipenuhi, sehingga rumah tangga bisa berjalan dengan baik ke depannya. Untuk memenuhi berbagai kebutuhan tersebut, penting bagi Anda untuk bisa mengelola keuangan dengan baik bersama pasangan. Jangan sampai Anda telah menikah dan membina rumah tangga, namun masih tetap menjalankan sistem pengelolaan keuangan di masa lalu (masa lajang). Hal seperti ini hanya akan membuat keuangan tidak berjalan dengan baik dan lancar, sehingga berbagai tujuan keuangan di dalam rumah tangga tidak akan bisa tercapai dengan maksimal.

Setelah menikah, segera upayakan untuk mengelola keuangan dengan cerdas. Simak beberapa cara mengelola keuangan yang benar berikut ini:

Tentukan kebutuhan prioritas
Kehidupan rumah tangga Anda tentu akan memiliki sejumlah kebutuhan prioritas di dalamnya, di mana berbagai kebutuhan ini akan sangat penting untuk bisa terpenuhi dengan baik oleh Anda dan juga pasangan. Upayakan untuk segera mendiskusikan dan menentukan berbagai kebutuhan prioritas Anda dan juga pasangan sejak awal, sehingga Anda bisa mengalokasikan sejumlah dana yang tepat untuk memenuhinya.

Susun anggaran bulanan
Anda dan pasangan tetap harus memiliki kemampuan dalam mengelola keuangan dengan tepat, di mana hal ini bisa diawali dengan cara menyusun sebuah anggaran keuangan yang efektif. Anda dan pasangan tentu akan memiliki sejumlah penghasilan tetap bulanan, sehingga penting untuk menghitung semua pendapatan dan juga pengeluaran yang akan dibutuhkan selama satu bulan penuh. Lakukan hal ini dengan cermat bersama pasangan, sehingga semua kebutuhan bisa dicatat secara rinci, mulai dari kebutuhan pokok dan juga berbagai kebutuhan lainnya.

Tunjuk bendahara dan juga juru bayar
Bukan hanya membuat anggarannya saja, Anda dan pasangan juga harus memilih seorang bendahara untuk keluarga. Hal ini akan memudahkan proses pembelanjaan dan juga pengelolaan keuangan, sehingga semua bisa berjalan dengan tertata dan sesuai dengan harapan berdua.

Satukan pendapatan atau bagi pengeluaran
Anda dan pasangan bisa saja menyatukan semua gaji atau pendapatan bulanan di dalam sebuah rekening, dan kemudian dikelola untuk bisa memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga Anda dan pasangan. Hal ini akan membuat semua bisa berjalan dari satu pusat saja, di mana Anda dan pasangan akan memilih seorang bendahara untuk mengelola semua dana tersebut secara keseluruan.

Sisihkan dana tabungan dan juga investasi
Selain berbagai kebutuhan pokok, Anda dan pasangan wajib menyisihkan sekian persen dari penghasilan bulanan, untuk kemudian dialokasikan menjadi dana investasi dan tabungan. Investasi dan tabungan akan menjamin keamanan keuangan Anda dan pasangan di masa yang akan datang.

Komunikasi dan evaluasi
Pengelolaan keuangan setelah menikah, akan sangat berbeda dengan ketika Anda belum menikah. Anda dan pasangan akan mengelola keuangan bersama, jadi sangat penting untuk selalu berkomunikasi dan memiliki keterbukaan antara satu dengan yang lainnya. Hal ini akan membantu Anda dan pasangan untuk bisa mengatasi berbagai masalah di dalam keuangan dan juga rumah tangga secara keseluruhan.

Jangan lupa untuk selalu melakukan evaluasi terhadap keuangan secara berkala, terutama jika Anda mengalami kendala dalam menjalankan anggaran keuangan dengan baik. Perbaiki sistem dan juga berbagai aturan yang dijalankan di dalam keuangan, sehingga keuangan bisa berjalan dengan lancar dan tetap sesuai dengan harapan.

Lakukan dengan cara tepat sejak awal
Memulai rumah tangga yang baru, Anda dan pasangan tentu akan dihadapkan pada berbagai kebutuhan yang baru, termasuk dalam pengelolaan keuangan Anda. Upayakan untuk selalu mengatur keuangan dengan tepat sejak awal, sehingga keuangan rumah tangga dapat berjalan dengan baik dan lancar. Komunikasi dan juga anggaran yang efektif, akan membantu Anda dan pasangan untuk bisa mengelola keuangan rumah tangga dengan baik.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA