Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Kemenangan Anies-Sandi Gairahkan Industri Kreatif DKI

Rabu 26 Apr 2017 18:23 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Pasangan Cagub Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memberikan salam Oke Oce usai menggelar konferensi pers di Posko Pemenangan Paslon Anies-Sandi Kertajaya, Jakarta, Rabu (19/4).

Pasangan Cagub Cawagub DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiaga Uno memberikan salam Oke Oce usai menggelar konferensi pers di Posko Pemenangan Paslon Anies-Sandi Kertajaya, Jakarta, Rabu (19/4).

Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Kompartemen Ekonomi Kreatif Badan Pengurus Pusat Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Erwin Soerjadi menyambut baik kemenangan Anies Baswedan- Sandiaga Uno dalam ajang Pilkada DKI 2017. Erwin meyakini terpilihnya Anies-Sandi sebagai pemimpin baru Jakarta akan membuat sektor ekonomi kreatif lebih bergairah.

“Kami menyambut baik kemenangan Anies-Sandi yang menjadi kemenangan seluruh warga Jakarta. Kami optimistis dengan terpilihnya pasangan ini sebagai pemimpin baru. Apalagi background Sandi sebagai pengusaha yang sangat paham iklim ekonomi kreatif dengan program Garasi Inovasi Ok Oce nya, ini akan membawa ekonomi kreatif Jakarta berkembang pesat dan bergairah,” ujar Erwin yang  merupakan CEO vOffice Indonesia.

Erwin menyebutkan saat ini idustri kreatif menyumbang 7 persen dari produk domestik bruto dan ditargetkan naik hingga 12 persen pada 2025 mendatang. Untuk merealisasikan hal tersebut, dia mengatakan pelaku usaha ekonomi kreatif memerlukan sebuah wadah untuk pembinaan, dan program untuk menghidupkan usaha mereka. Untuk itu Erwin menyatakan, HIPMI berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam mencapai target tersebut.

“HIPMI dan swasta siap membantu Pemprov DKI untuk mengembangkan industri kreatif di Jakarta. Melalui penyediaan wadah usaha, pelatihan, hingga bantuan akses permodalan,” kata dia.

Erwin juga mengapresiasi kepada Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) atas upaya dalam mendorong kemajuan industri startup dan UKM dengan mengeluarkan perizinan virtual office melalui Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPTSP) DKI Jakarta. Erwin menilai Pemprov DKI telah berhasil menciptakan iklim ekonomi yang lebih baik dan target dari Presiden, 40 besar (Ease of Doing Business in Indonesia) agar bisa segera tercapai.

“Kami mengapresiasi kinerja Pak Ahok dan Pak Djarot khususnya dalam pemberian kemudahan dalam megurus legalitas usaha dan kembali di izinkannya Virtual Office.  Hal tersebut terbukti telah berhasil merangsang pertumbuhan wirausaha, serta menciptakan iklim ekonomi yang lebih baik,  kami berharap apa yang sudah baik dapat berlanjut di kepemimpinan selanjutnya” kata dia.

Dengan dibukanya Jakarta Creative Hub dan Jakarta Smart City, Erwin berharap agar penyedia Coworking space swasta juga dapat dilibatkan dalam mendukung program-program pemerintah.  Ia menilai kehadiran Coworking space swasta bisa mendorong industri kreatif menjadi lebih bergairah ditengah tantangan ekonomi yang cukup berat saat ini.

“Kita minta agar pihak swasta turut dilibatkan dalam menggairahkan Ekonomi Kreatif di DKI. Kerjasama ini akan lebih memudahkan pemerintah dalam menyediakan fasilitas yang dibutuhkan seperti Mentoring, Coaching, penyediaan teknologi yang memadai, hingga membantu pengusaha mendapatkan akses permodalan," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA