Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Sydney Kini Punya Klinik Obesitas Bagi Keluarga

Rabu 26 Apr 2017 10:27 WIB

Red: Ani Nursalikah

Klinik obesitas keluarga dibuka di RS Nepean, Sydney dan mengadopsi pendekatan holistik untuk membantu keluarga penderita obesitas.

Klinik obesitas keluarga dibuka di RS Nepean, Sydney dan mengadopsi pendekatan holistik untuk membantu keluarga penderita obesitas.

Foto: ABC

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY -- Sebuah klinik perawatan khusus pertama di Australia bagi keluarga yang menderita obesitas telah dibuka RS Nepean Blue Mountain di Barat Sydney. Pemerintah Negara Bagian New South Wales menginvestasikan dana senilai satu juta  dolar AS atau sekitar Rp 10 miliar dalam program ini yang mengalokasikan sebuah tim dokter dan spesialis, termasuk dokter anak, ahli gizi dan bidan bagi seorang pasien dan keluarga mereka.

Kathryn Williams, salah satu dokter yang memimpin layanan ini mengatakan klinik tersebut memberikan pelayanan yang unik bagi seluruh anggota keluarga.

kursi obesitas
Klinik Obesitas untuk keluarga dilengkapi dengan kursi yang mampu menyangga pasien obesitas seperti ini.

ABC News: Lily Mayers

"Apa yang kami kenali adalah bahwa obesitas biasanya dialami oleh beberapa orang dalam satu keluarga. Jadi Anda tidak hanya memiliki kasus indeks, tapi Anda akan melihat anggota keluarga lainnya dan secara aktif melibatkan mereka," kata Dr Williams.

"Jika Anda bisa mendapatkan setiap anggota keluarga yang terlibat dalam program gaya hidup positif, Anda akan mengubah lingkungan tempat mereka tinggal dan Anda akan membuat mereka saling memotivasi," katanya.

Salah satu ciri utama layanan di klinik ini adalah memonitor pasien dan keluarga mereka dalam jangka waktu yang lama. "Kami mungkin satu-satunya di Australia yang benar-benar merawat pasien dari buaian hingga ke kuburan," kata Williams.

Williams mengatakan pelayanan seperti ini sangat penting karena memotivasi seseorang untuk mempertahankan berat badan yang sehat adalah bagian proses yang paling sulit dipahami.

Pendekatan holistik

Salah satu peserta dalam kajian di klinik ini, Jacqueline Moore, mengatakan bahwa perawatan tersebut belum pernah terjadi sebelumnya. "Saya memiliki ahli gizi, dokter, ahli fisioterapi dan konselor," katanya.

"Mereka semua meluangkan dan memberi dorongan, menelepon saya hanya untuk memastikan saya mengikuti programnya secara benar," jelasnya.

"Jika menggabungkan semuanya, Anda tidak cuma mendapatkan klinik diet, tapi juga sebuah tim yang terdiri dari orang hebat yang merawat Anda. Mereka sepertinya akan menyesuaikan pelayanan dengan saya," ujarnya.

Jacquelin Moore mengatakan program tersebut memberikan hasil dan berat badannya turun antara 1,5 dan dua kilogram per minggu. "Saya merasa jauh lebih baik," katanya.

"Saya tahu ada orang yang membantuku, dan tidak melakukannya sendiri. Saya menyukai orang-orang baik yang peduli terhadapkua. Saya belum pernah mengalami sebelumnya," katanya.

Lampaui rata-rata nasional

Hanya orang-orang yang memenuhi kriteria tertentu yang berhak mengikuti layanan ini. "Anda harus memiliki berat badan tertentu, dengan komorbiditas atau Kehadiran satu atau lebih gangguan (atau penyakit) selain penyakit primer tertentu. Gagasannya adalah kita berusaha membalikkan komorbiditas awal dari obesitas," kata Williams.

Menteri Kesehatan NSW Brad Hazzard mengatakan Layanan Obesitas Keluarga ini pada akhirnya bisa menjadi model pengobatan nasional. "Ini bisa digunakan di seluruh New South Wales dan tentu saja di seluruh Australia karena menggabungkan begitu banyak keahlian untuk bekerja sama dengan keluarga dalam mengatasi masalah mendasar dari obesitas tersebut," katanya.

Di Nepean Blue Mountains 60 persen orang dewasa di wilayah itu mengalami kelebihan berat badan atau obesitas, jumlah ini dibandingkan dengan jumlah rata-rata penderita obesitas di NSW yang sebesar 52 persen.

Menurut Hazzard, obesitas menghabiskan biaya miliaran dolar per tahun. "Ini masalah di NSW, tapi ini juga masalah di seluruh Australia," katanya.

"Obesitas telah menghabiskan anggaran miliaran dolar karena begitu banyak dampak negatif kesehatan yang terjadi," jelasnya.

Diterbitkan Rabu 26 April 2017 dari artikel berbahasa Inggris.

sumber : http://www.australiaplus.com/indonesian/gaya-hidup-nad-kesehatan/klini-obesitas-bagi-keluarga-di-sydney/8471316
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA