Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Monday, 2 Jumadil Akhir 1441 / 27 January 2020

Cara Mulai Menabung untuk Masa Depan

Selasa 25 Apr 2017 16:53 WIB

Red: Indira Rezkisari

Menabung

Menabung

Foto: flickr

REPUBLIKA.CO.ID, Menabung tidak hanya dilakukan ketika sedang menginginkan sesuatu. Menabung juga harus dilakukan untuk kepentingan masa dean. Proses menabung tidak hanya dikhususkan bagi Anda yang memiliki gaji besar ataupun  kecil saja. Semua orang bebas untuk menabung, apalagi di zaman yang serba susah seperti saat ini kita tidak tahu bagaimana kehidupan ke depannya.

Sehingga dengan menabung sejak dini, Anda bisa mempersiapkan kehidupan masa depan yang baik dari sekarang. Lalu bagaimana cara memulai menabung untuk kepentingan masa depan? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

Membuat daftar prioritas
Menabung merupakan cara menyisihkan pemasukan agar dapat digunakan untuk persiapan masa depan. Namun bukan berarti kebutuhan utama tidak bisa dipenuhi. Untuk itu, Anda harus membuat daftar prioritas hal-hal apa yang wajib dipenuhi. Misalnya saja seperti tagihan bulanan listrik, air, dapur dan berbagai keperluan sehari-hari.

Jangan sampai melewatkan tagihan-tagihan ini. Hal lainnya yang perlu diprioritaskan terlebih dahulu adalah masalah utang. Bagi yang memiliki utang, sebisa mungkin untuk segera melunasi utang-utang itu. Tentunya memiliki utang yang berkepanjangan akan membuat Anda tidak tenang. Pastikan untuk membayar semua hal tersebut sesuai dengan jatuh tempo yang ada sehingga tidak akan mengalami masalah ke depannya.

Membuat anggaran pengeluaran
Anggaran pengeluaran ini sangat penting untuk membantu membatasi penggunaan uang. Sehingga nantinya tidak akan terjadi pemborosan yang menyebabkan Anda tidak bisa menabung. Anggaran ini juga dapat membatasi membeli barang-barang yang memang tidak terlalu diperlukan. Pembuatan anggaran dapat dimulai dari kategori pengeluaran seperti cicilan dan tagihan, kebutuhan pokok (pangan dan sandang), kesehatan dan lainnya.

Pastikan setiap bulannya pengeluaran yang dikeluarkan tidak melebihi dari anggaran yang sudah dibuat. Pembuatan anggaran ini juga dapat membantu mengevaluasi pengeluaran sehingga Anda bisa menentukan bagian mana yang memerlukan penghematan.

Melakukan penghematan
Gaya hidup hemat akan membantu untuk menurunkan pengeluaran, sehingga Anda bisa disisihkan ke dalam tabungan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu gaya hidup hemat. Misalnya saja, membawa bekal dari rumah ke kantor sehingga tidak perlu makan siang di kantin kantor yang harganya tentu lebih mahal. Anda juga bisa mencoba untuk menggunakan transportasi umum yang murah untuk perjalanan dekat dibandingkan dengan menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini pemerintah benar-benar memfasilitasi transportasi umum yang murah dan bagus, terutama di daerah kota-kota besar.

Memulai dari sekarang
Banyak orang yang beranggapan untuk memulai menabung masa depan ketika akan mendekati masa pensiun, hal ini jelas sangat salah. Sebisa mungkin mulailah menabung sejak dini apalagi ketika masih muda dan aktif bekerja. Anda juga dapat memulai menabung meskipun pemasukan yang dimiliki kecil. Lakukan secara bertahap sehingga nantinya akan terbiasa untuk mengeluarkan biaya yang lebih sedikit.

Disiplin dan niat yang kuat
Meskipun anggaran dan prioritas telah dibuat, namun jika tidak melakukannya akan sangat percuma. Yang paling penting adalah sikap disiplin serta niat yang kuat untuk menabung. Ikuti semua anggaran dan aturan yang sudah dibuat sendiri dan jangan melanggarnya. Meskipun hal ini dirasa susah, Anda akan terbiasa jika sering melakukannya.

Sebenarnya menabung tak hanya ditujukan untuk masa depan saja. Tabungan yang anda simpan bisa digunakan ketika sedang dalam keadaan yang darurat. Sehingga bila Anda berada dalam kondisi darurat dan butuh banyak biaya, anda tidak harus pusing-pusing untuk memikirkannya. Jika perlu Anda bisa membuka tabungan yang terpisah antara tabungan masa depan dengan tabungan darurat agar lebih mudah.

Lakukan Sejak Dini
Menabung memang sangat dianjurkan sejak dini, baik bagi Anda yang berpenghasilan kecil maupun besar. Dengan menabung, Anda dapat menyisihkan penghasilan untuk persiapan masa depan. Menabung juga membantu menghadapi masalah-masalah darurat yang bisa saja terjadi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA