Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Sunday, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Bedanya Menuntut Ilmu di SDU Turki

Senin 24 Apr 2017 14:44 WIB

Red: Maman Sudiaman

Ridwan, saat menikmati libur di Turki.

Ridwan, saat menikmati libur di Turki.

Foto: dokpri

REPUBLIKA.CO.ID, TURKI -- Oleh: Ridwan*

Suleyman Demirel University (SDU) adalah Univesitas yang sedang beranjak dewasa. Sebelum tahun 1992, SDU hanya sebuah kampus cabang dan sekolah tinggi dari Akdeniz University.

Sekarang perguruan tinggi SDU sudah berumur 25 tahun, dengan jumlah jurusan dan fakultas yang bermacam-macam. Kampus SDU menganyomi lebih kurang 90 ribu mahasiswa dari berbagai kota di Turki dan negara dari belahan dunia.

Bagi saya menuntut ilmu di Turki  dan khususnya SDU adalah sesuatu yang berbeda dari tempat lain. Banyak hal yang dapat saya temui di sini dan mungkin hal ini tidak ada di tempat lain. Di SDU saya merasakan betul pergerakan aktif para mahasiwa dan dosen dalam kegiatan belajar mengajar dan berbagai aktivitas sosial. Terutama di akhir - akhir ini, SDU banyak melakukan akselerasi dalam berbagai hal untuk menjadi universitas yang terbaik.

Isparta, kota kecil yang nyaman dan rekomended untuk bisa fokus belajar. Tidak terlalu banyak hal yang bisa mengurangi fokus terhadap studi. Sempat juga, Isparta menjadi kota yang layak huni No. 1 versi sebuah penelitian. Karena, keseimbangan SDM, SDA dan Fasilitas sosial secara keseluruhan.

 

Terakhir, belajar di negri dua benua ini memiliki sisi positif dan negatif.  Di semua tempat tentunya. Saat kita bisa mengambil semua sisi positif dan meninggalkan sisi negatif, di saat itulah kita menjadi perantau yang sukses di negri orang. Apa yang kita dapat tidak lain hanyalah untuk berbakti pada nusa, bangsa, dan agama.

Selamat menikmati musim semi!"

 

*Ridwan, Mahasiswa semester 4 fakultas Ilhiyat, SDU.

  Asal: Pekanbaru, Riau.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA