Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Wednesday, 2 Rajab 1441 / 26 February 2020

Ilmuwan Temukan Cara Baru Buat Sel Kanker Mati dengan Sendirinya

Ahad 16 Apr 2017 13:23 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri

Sel Kanker

Sel Kanker

REPUBLIKA.CO.ID, Saat ini terdapat mekanisme baru yang ditemukan para peneliti, membuat sel-kanker">sel kanker untuk membunuh diri mereka sendiri. Peneliti mengatakan, itu bisa menjadi sangat efektif sebagai bentuk agresif dari penyakit, seperti kanker pankreas.

Setelah proses ini diaktifkan dengan memodifikasi protein tertentu di dalam jaringan kanker, mendorong penyakit ini untuk berhenti, menyebabkan sel kanker mati daripada menyebar ke seluruh tubuh. Tidak seperti pengobatan kanker saat ini, teknik ini meninggalkan sel-sel yang sehat saja.

Para peneliti dari Universitas Tel Aviv di Israel, mengamati efek pada kultur sel kanker dan sel-sel kanker manusia yang ditransplantasikan ke tikus. Langkah berikutnya adalah, untuk mencari tahu apakah mekanisme ini juga dapat bekerja dalam tubuh manusia.

"Penemuan mekanisme eksklusif yang membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel sehat, dan fakta bahwa mekanisme ini bekerja pada berbagai cepat berkembang biak sel kanker manusia, sangat menarik," kata ketua peneliti, Malka Cohen-Armon dilansir dari laman Science Alert.

Para ilmuwan memfokuskan pada protein yang mempengaruhi pembangunan dan stabilitas spindle, bagian dari sel yang bertanggung jawab untuk mengatur materi genetik selama tahap pembelahan sel, yang disebut mitosis. Tim menemukan bahwa, senyawa tertentu dalam sel kanker, turunan dari phenanthridine kimia, berakhir dengan mengganggu spindle, mencegah kromosom sel untuk membelah, dan menghentikan sel untuk membagi.

Sebuah pertumbuhan kanker pada dasarnya mitosis di luar kendali. Akan tetapi, dengan pembagian yang dihentikan, berkat mekanisme protein baru, sel-sel kanker ini dapat mati daripada menyebar ke seluruh tubuh.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA