Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tuesday, 3 Jumadil Akhir 1441 / 28 January 2020

Tips Membuat Rumah Lebih Rapi

Sabtu 15 Apr 2017 07:19 WIB

Red: Indira Rezkisari

Memiliki rumah yang rapi tidak sulit, selama tahu triknya.

Memiliki rumah yang rapi tidak sulit, selama tahu triknya.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Rumah yang nyaman tentunya adalah rumah yang selalu bersih dan rapi. Merapikan rumah sebenarnya tidak sulit, asalkan kita memiliki waktu khusus untuk membersihkanya. Membersihkan rumah juga harus memiliki strategi khusus agar bisa  menghemat tenaga dan membuat rumah lebih rapi dalam waktu yang cukup lama.

Membuat rumah lebih rapi sepertinya harus memadukan antara desain rumah itu sendiri, serta furnitur yang ada. Rumah yang rapi juga akan lebih sempurna lagi jika kita bisa memadupadankanya secara maksimal, agar memunculkan sisi keindahan. Tidak hanya rapi, rumah juga akan lebih indah. Jika sudah begitu siapa yang tidak ingin tinggal di rumah seperti itu.

Bagaimana langkah-langkah untuk membuat rumah lebih rapi, berikut ulasannya:

Mudahkan Diri Anda Sendiri
Menutur Kate Brown, seorang organizer profesional yang sudah memiliki sertifikat dan pemilik Impact Organizing menyatakan bahwa sebaiknya semua yang ada di area rumah, dibuat lebih praktis. Contohnya menghilangkan kebiasaan buruk seperti menyimpan cucian kotor di sekitaran lemari pakaian. Bila dilihat tentu saja ini terkesan berantakan, kotor dan jika terlalu lama akan berbau tidak sedap.

Buatlah hal tersebut menjadi lebih rapi dengan menyimpan pakaian kotor dalam keranjang cucian khusus yang mudah digunakan. Lakukan pencucian pakaian dengan terjadwal. Tidak hanya berlaku untuk pakaian kotor saja, mainan yang berantakan, pakaian bersih yang belum masuk ke lemari juga bisa dirapikan dengan cara yang sama.

Jangan Terburu-buru Membeli Tempat Penyimpanan
Kita memang memerlukan beberapa tempat penyimpanan untuk merapihkan barang-barang yang berantakan. Namun, tidak perlu juga Anda membeli terlalu banyak tempat, jika pada akhirnya malah akan menambah barang menjadi lebih penuh dan berantakan. Gunakan prinsip aturan 80/20. Maksudnya orang-orang menggunakan 20 persen barang-barang mereka yang ada di rumah. Dengan begitu Anda akan menyadari bahwa di sekitar rumah ada banyak barang yang tidak diperlukan.

Lakukan Cek Sistem
Jika sudah dirapikan, area dalam rumah masih tampak berantakan, maka Anda harus mengubah dan memperbaiki sistem pengaturan, dengan menyingkirkan barang yang tidak dibutuhkan. Setelah itu, kumpulkan barang–barang berdasarkan pemakaianya. Simpan saja barang tersebut pada tempat yang besar seperti kontainer terbuka. Gunakan wadah yang ukuranya persegi dan besar. Beri label nama pada masing-masing wadah kontainer tersebut. Orang lain di rumah juga akan lebih berhati-hati jika ingin mengambil barang yang dibutuhkannya.

Barang terlalu Penuh, Ingat untuk Mengganti Ukuran Tempat
Peringatan keras jika memang di rumah semua barang yang ternyata tidak diperlukan sudah sangat penuh. Waktunya untuk mengganti wadah atau tempat tersebut ke ukuran yang lebih besar, agar barang-barang tersebut lebih muat.

Membuat Laci Jadi Teratur
Biasanya ada beberapa laci besar di sekitar area rumah, yang terkadang dijadikan tempat untuk menyimpan segala jenis barang. Sebaiknya mulai menata isi laci tersebut dan rapikan. Buat laci menjadi lebih teratur dengan memisahkan bagian dalam laci. Gunakan kotak-kotak kontainer kecil yang bisa menyimpan berbagai jenis barang dengan lebih rapi.

Jangan Biarkan Barang Menumpuk
Cek keadaan meja makan, meja dekat pintu masuk rumah atau meja dapur. Jangan lupa untuk selalu menyingkirkan barang-barang menumpuk di sekitar area tersebut. Setiap kali mulai bertumpuk, maka rapikan.

Buat Barang Mudah Diraih
Lokasi penyimpanan barang juga sebaiknya tidak terlalu jauh dari jangkauan. Barang-barang yang sering digunakan harus disimpan di area yang mudah dijangkau, sementara barang-barang yang jarang digunakan bahkan hampir tidak pernah digunakan, simpan di lokasi yang aman dan sulit dijangkau.

Aktivitas di Rumah Akan Lebih Efisien
Membuat rumah lebih rapi dan bersih tentunya akan membawa kesan nyaman dan betah tinggal di rumah. Menjalankan aktivitas di rumah juga akan lebih efisien. Tidak perlu terlalu sering merapikan rumah, jika sebagian besar keadaannya memang sudah rapi dan teratur. Pastikan keluarga di rumah juga mendukung untuk hidup lebih rapi.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA