Ketua DPR: Agama Lahir Sebagai Pencerahan Bagi Umat Manusia

Jumat , 14 Apr 2017, 14:51 WIB
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto
Foto: ROL/Fakhtar K Lubis
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Setya Novanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR, Setya Novanto, memberikan ucapan selamat Paskah kepada Umat Kristiani yang merayakannya. Novanto mengatakan momentum sakral Paskah menandakan sebentuk pengakuan atas keteladanan yang telah diwariskan sejak dulu kala dan dipercaya oleh umat Kristiani.

"Dalam kepercayaan Kristiani, Kamis Putih, Jumat Agung hingga Paskah telah menunjukkan kesejatian pengorbanan dan pelayanan yang tulus dalam merentangkan jalan keselamatan,'' katanya. ''Sehingga dibalik itu, momentum sakral ini membuktikan bahwa ajaran agama lahir sebagai instrumen pencerahan bagi seluruh umat manusia.''

Novanto mengatakan, kehidupan yang rukun dan harmonis hanya bisa tercipta dalam suasana kebersamaan dan perasaan empati terhadap penderitaan orang lain. Tidak ada yang lebih penting selain memberi harapan tentang hidup yang lebih baik. Harapan tentang masa depan kehidupan yang lebih aman dan damai, saling memelihara dan melayani, bahkan berkorban demi kepentingan yang lebih besar, tanpa perbedaan golongan, agama maupun ras.

"Pengabdian dan pengorbanan bukan hanya materi, tapi juga tenaga dan pikiran demi perbaikan kualitas hidup masyarakat, bangsa dan negara," kata lelaki yang akrab disapa Setnov ini.