Jumat 14 Apr 2017 07:40 WIB

Masker Gratis Bagi Pengendara Sepeda Motor

Kampanye penggunaan masker patut digalakkan
Foto: dok Mobil123.com
Kampanye penggunaan masker patut digalakkan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terpapar polusi udara dalam jangka panjang bisa membahayakan kesehatan manusia. Efek awal terpapar polusi udara adalah pusing, sesak napas hingga menimbulkan depresi. Hal ini menyebabkan kerusakan mental dan mempengaruhi kemampuan orang untuk melaksanakan tugas sehari-hari. Pengidap depresi ditandai dengan perasaan yang menurun seperti muram, sedih sampai perasaan tertekan

Pada Oktober 2016, World Health Organization (WHO) meluncurkan kampanye satu tahun untuk memastikan banyak orang yang terkena depresi di semua negara harus mendapatkan bantuan. Tahun 2015, WHO mencatat lebih dari 300 juta orang menderita depresi atau setara dengan 4,4 persen dari populasi dunia. 

Hampir setengah dari orang-orang ini hidup di wilayah Asia Tenggara dan Kawasan Pasifik Barat. Dan 3 juta kematian per tahun akibat terpapar polusi udara, di mana 90 persen kematian banyak terjadi di negara berkembang. Di Indonesia, sebanyak 9,1 juta orang menderita depresi atau sekitar 3,7 persen dari populasi

Untuk mencegah meluasnya depresi ke tengah masyarakat, Portal Otomotif, Mobil123.com dan media online lifestyle Otospirit.com mengadakan kegiatan sosial bertajuk Mask for Bikers. Sebanyak 1.000 masker dibagikan kepada pengguna kendaraan sepedamotor yang melintasi Jalan Radin Inten 2 Buaran, Jakarta Timur.

Kegiatan Mask for Bikers melibatkan 15 bikers dari lima komunitas sepedamotor (Journalist N-Max Club, Suzuki GSX Club Indonesia, Ninja Injection Owners, Jakarta Max Owner Club, Vario Owner Medias) di persimpangan Buaran, Jakarta Timur, dimulai pukul 16.00 – 17.00 WIB.  Selanjutnya mereka turut membagikan seribu masker kepada para pengguna jalan. Kondisi ini menimbulkan daya tarik para pengendara sepedamotor.

Regia Glamouria selaku Direktur Mobil123.com dan Otospirit.com mengatakan, kegiatan ini untuk menyambut Hari Kesehatan Dunia yang setiap tahunnya pada 7 April diperingati seluruh penduduk bumi. Untuk tahun ini, tema global Hari Kesehatan Dunia adalah Depression: Let’s Talk. “Kami merasa masalah depresi ini menjadi tanggung jawab bersama dan kami memutuskan untuk membagikan masker kepada pengguna sepedamotor," kata Regia melalui keterangan tertulisnya, Rabu (12/4).

Menurutnya kegiatan ini dilakukan untuk menghindari pengguna sepedamotor terpapar polusi udara akibat asap kendaraan bermotor, di mana dampaknya akan sangat mengganggu kesehatan di kemudian hari. "Satu hal yang perlu diingat, polusi udara berpotensi mengacaukan pikiran dan merusak kesehatan manusia," kata Regia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement