Rabu 12 Apr 2017 22:42 WIB

Mahasiswa ITS Latih Lansia Gunakan Komputer-Internet Sehat

Orangtua asyik main internet (ilustrasi)
Foto: orangtua.org
Orangtua asyik main internet (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya melatih puluhan ibu lanjut usia (lansia) di wilayah Surabaya terkait penggunaan teknologi komputer dan internet sehat di kampus setempat, Rabu (12/4).

Ketua Kegiatan Program Kreativitas (PKM) ITS Dini Fadilah mengatakan pelatihan penggunaan teknologi komputer dan internet sehat ini merupakan bagian dari program "LANSIA ABC" yaitu suatu program khusus untuk warga lansia.

"Ini merupakan program yang dibiayai oleh Kemenristekdikti. Kenapa pelatihan penggunaan komputer, karena sebagai kampus teknologi, kami berupaya mengoptimalkan fasilitas ITS agar menjadi bermanfaat untuk masyarakat," kata Dini di Surabaya.

Dia menjelaskan, LANSIA ABC meliputi beberapa program di antaranya program Agamis, Bahagia, dan Cerdas. "Pada kegiatan ini, para lansia akan diberikan wawasan bagaimana browsing internet guna memberikan wawasan terhadap dunia teknologi masa kini. Selain itu, juga akan diberikan wawasan cara membuat power point," ujar mahasiswa jurusan fisika ini.

Tujuan pelatihan ini adalah adanya sharing keahlian dari lansia oleh lansia, yang mana lansia akan menjadi nara sumber dan akan mempresentasikan keahliannya di hadapan anggota lansia yang lainnya.

"Untuk itu, pentingnya pelatihan teknologi ini kami berikan, selain sebagai wawasan global juga untuk menunjang kemampuan lansia pada kegiatan selanjutnya," ujarnya.

Selain penggunaan komputer dan internet, nantinya para lansia juga akan diberikan materi yang berkaitan dengan agama, yakni praktik shalat, membaca dan menghafal Alquran.

Sementara untuk program Cerdas yang meliputi kesehatan, Dini bersama dua rekannya, Anisa rahmasari dan Dian Febriandini Shanditia telah bekerja sama dengan puskesmas setempat untuk bersama-sama mengedukasi para lansia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement