Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Wednesday, 27 Jumadil Awwal 1441 / 22 January 2020

Desain Rumah Populer yang Tetap Eksis

Selasa 11 Apr 2017 11:16 WIB

Red: Indira Rezkisari

Wanita sedang melihat perabot dan aksesoris rumah yang dipamerkan.

Wanita sedang melihat perabot dan aksesoris rumah yang dipamerkan.

Foto: EPA

REPUBLIKA.CO.ID, Waktu berputar dengan sangat cepat. Tak terasa tahun 2016 telah berganti menjadi tahun 2017. Namun di sepanjang tahun 2016, pasti Anda telah disuguhi berbagai macam tren, baik dari segi perabotan, bangunan (rumah), mode, hingga gaya hidup. Semua yang Anda butuhkan juga dapat ditemukan dengan mudah lewat internet. Tentu saja dengan bantuan berbagai jenis blog, tumblr, dan pinterest.

Rumah adalah sesuatu yang sangat krusial. Selain digunakan sebagai tempat tinggal, rumah juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk berinvestasi. Namun kali ini, artikel ini tidak akan membahas tentang investasi. Melainkan tentang tren rumah yang tidak ada matinya dari dulu hingga sekarang. Tren seperti apakah itu? Simak ulasannya berikut ini.

Warna Hitam dan Putih
Kedua warna ini merupakan perpaduan yang sangat pas dan menjadi favorit bagi kebanyakan orang. Menghiasi rumah dengan cat dinding berwarna putih dan perabotan berwarna hitam dianggap sangatlah eksotis.

Kedua warna ini memang sudah sangat sering digunakan. Namun kali ini, perpaduan keduanya dianggap mampu memberikan kesan geometris yang modern ala Scandinavia. Warna hitam dan putih biasanya digunakan pada bahan kain seperti sarung bantal, sprei tempat tidur, juga pada lukisan-lukisan unik bertema monogram atau retro.

Warna Cokelat
Selain warna hitam dan putih, warna cokelat juga kerap kali menjadi pilihan bagi kebanyakan desain interior. Warna cokelat biasanya bisa ditemukan pada keramik rumah, perabotan rumah tangga (meja dan kursi), anak tangga, dan langit-langit dinding rumah. Penggunaan warna cokelat pada rumah dianggap bisa memberikan kesan retro dan menciptakan suasana rumah yang homey, warm atau hangat.

Menggunakan Bahan Berbulu
Untuk memberikan kesan Nordic, para desain interior juga sering menambahkan bahan-bahan berbulu pada berbagai macam perabotan yang ada di dalam rumah untuk menambahkan aksen yang unik. Bahan berbulu biasanya terdapat pada sarung bantal dan karpet yang berada di ruang keluarga.

Untuk menempatkan bahan bulu juga tidak terlalu sulit. Cukup letakkan pada meja atau kursi, maka tampilan rumah Anda akan terlihat chic.

Perabotan yang Rendah
Gaya yang satu ini sepertinya tidak ada matinya. Gaya yang satu ini sudah digunakan di tahun 70-an, namun sekarang semakin populer saja. Para desain interior biasanya menggunakan gaya yang satu ini untuk perabotan seperti sofa. Ya, sofa terkadang dibuat lebih rendah dengan hiasan lampu yang lebih tinggi di sampingnya. Untuk menambahkan kesan santai, biasanya para desain interior juga menambahkan berbagai macam lukisan hitam putih di belakang sofa tersebut.

Ruang Keluarga Tanpa Benda Elektronik
Saat mampir ke rumah saudara, mungkin ruang keluarga dan ruang tamu mereka dijadikan satu. Sering pula Anda menemukan di ruangan tersebut terdapat benda-benda elektronik, seperti TV dan radio. Namun pada tren kali ini, desainer interior memilih untuk memisahkan antara kedua ruangan tersebut. Hal yang menarik adalah di ruang keluarga tidak ada barang elektronik. Jadi TV dan radio hanya ditempatkan pada ruang tamu saja. Tujuannya agar adanya keseimbangan di dalam ruangan tersebut sehingga anggota keluarga dapat semakin dekat dan tidak terganggu dengan adanya suara barang elektronik.

Bunga Hias
Untuk semakin menambahkan kesan modern, biasanya desain interior juga sering menambahkan bunga-bunga hias di dalam rumah. Bunga ini biasanya diletakkan di meja yang ada di ruang tamu. Bunga tersebut biasanya dimuat dalam pot kecil yang lucu berwarna hitam atau putih. Menyesuaikan dengan warna dari dinding rumah tersebut.

Lampu Klasik
Lampu klasik memang sangat disukai untuk memberikan kesan rumah terlihat lebih homey. Selain memberikan kesan antik dan homey, lampu klasik juga gampang ditempatkan di mana saja. Misalnya di ruang tengah, ruang tamu, tempat tidur, ruangan makan, dan teras-teras rumah Anda. Pilihlah ukuran lampu klasik yang sesuai. Seperti ukuran sedang yang ditempatkan di kamar.

Itulah tujuh desain rumah yang masih tetap eksis hingga sekarang. Jika hendak membeli rumah atau mampir ke rumah teman, kebanyakan dari mereka pasti menerapkan salah satu dari tujuh desain tersebut pada rumahnya. Bagaimana dengan rumah Anda?

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA