Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Intip Makanan Negara Paling Sehat di Dunia

Ahad 09 Apr 2017 17:29 WIB

Red: Esthi Maharani

Norwegia

Norwegia

Foto: Youtube

REPUBLIKA.CO.ID, UNESCO menobatkan Norwegia sebagai negara paling sehat sedunia. Indikatornya bermacam-macam, termasuk angka harapan hidup dan rata-rata tahun yang dihabiskan di sekolah. Seperti apa makanan orang Norwegia?

Sarapan
Makanan pagi di Norwegia biasanya terdiri atas roti (termasuk lefse, roti gandum atau roll) dengan keju, selai dan mentega. Orang Norwegia juga menyantap ikan atau daging pada pagi hari. Muesli juga menu sarapan yang umum. Jangan lupa kopi sebagai minuman wajib pagi hari.

Keju
Brunost alias keju cokelat dari Norwegia dicintai masyarakat setempat. Keju yang dibuat dari air dadih dari susu sapi atau kambing ini punya rasa manis dengan tekstur mirip karamel. Orang Norwegia menyantap brunost bersama dengan roti.

Makanan Norwegia dibuat agar tahan lama
Norwegia punya iklim musim dingin panjang yang membuat masyarakat harus memutar otak agar mereka bisa bertahan hidup. Lefse, roti tipis Norwegia dibuat agar bisa bertahan selama berbulan-bulan, namun rasanya tetap lezat.

Ikan dan seafood
Dikelilingi laut, ikan dan seafood tentu jadi makanan populer di sana.

Berry manis
Ada cloudberry di Norwegia yang hanya tumbuh di alam liar. Berry ini bisa disantap dengan krim kocok atau disulap menjadi selai agar bisa dinikmati selama berbulan-bulan saat musim cloudberry belum tiba.

Waffle jadi camilan siang
Waffle di Norwegia lebih tebal dan kaya rasa ketimbang versi Amerika. Kadang kala waffle Norwegia dibuat menjadi bentuk hati yang terlihat lebih manis. Untuk melengkapinya, oleskan keju cokelat atau krim asam dan selai. Biasanya waffle jadi camilan siang untuk teman minum kopi.

Kue
Norwegia disebut memiliki kue terbaik di dunia: Kvæfjordkake yang terdiri dari sponge cake, krim vanila almond dan meringue yang menggiurkan.

sumber : antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA