Sabtu 08 Apr 2017 19:23 WIB

Hamilton Start Terdepan pada Balapan GP Cina Besok

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Andri Saubani
Pembalap Mercedes F1, Lewis Hamilton.
Foto: EPA/Will Oliver
Pembalap Mercedes F1, Lewis Hamilton.

REPUBLIKA.CO.ID, SHANGHAI – Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, merebut posisi pole keenam berturut-turut pada Sabtu, setelah ia menguasai sesi kualifikasi Formula 1 pada Grand Prix (GP) Cina. Hamilton menjadi yang tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 31. 678 detik.

Ia mengalahkan  pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, yang sebelumnya memimpin pada dua fase pertama sesi latihan bebas praktis. Vettel menempati posisi kedua dengan catatan waktu 1 menit 31,864 detik, unggul 0,001 detik dari rekan se-tim Hamilton di Mercedes, Valtteri Bottas. Sementara pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen, menyusul di posisi keempat dengan torehan waktu 1 menit 32,140 detik.

Pada kualifikasi pertama, beberapa pembalap yang tereliminasi di antaranya Romain Grosjean, Antonio Giovinazzi, Stoffel Vandoorne, Grosjean Joylon Palmer, dan Esteban Ocon. Babak kualifikasi juga sempat tertunda beberapa menit, karena trek harus dibersihkan setelah insiden Giovinazzi.

Pembalap Sauber itu mengalami kecelakaan dan mobilnya melintir menabrak dinding pembatas. Meski tak mengalami luka serius, namun mobilnya rusak parah dan tak mampu melanjutkan babak kualifikasi.

Pada babak kualifikasi kedua, Raikkonen menorehkan waktu lap terbaik, yakni 1 menit 32,181 detik. Namun di awal sesi kualifikasi ketiga, hamilton mencatatkan waktu tercepat dengan 1menit 31,902 detik, yang  mematahkan rekor lap tercepat yang sebelumnya dipecahkan Raikkonen. Hamilton lantas meningkatkan catatan waktunya menjadi 1menit 31,678 detik dan finis sebagai pembalap tercepat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement