Kamis 06 Apr 2017 19:55 WIB

Tesla Tersingkir dari 10 Besar Vendor Mobil Kemudi Otomatis

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri
Tesla
Foto: Dailymail
Tesla

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tesla merupakan salah satu vendor yang cukup aktif mengengmbangkan mobil kemudi otomatis. Sayangnya, sepak terjang Tesla belum berhasil mengatar perusahaan otomotif ini masuk ke dalam daftar 10 besar vendor mobil kemudi otomatis versi Navigant Research.

Sebelum menentukan daftar 10 besar, Navigant Research melakukan penilaian terhadap 18 pemain kemudi otomatis terlebih dahulu. Penilaian ini didasarkan pada 10 kriteria yang ditentukan oleh Navigant Research, di mana beberapa di antaranya ialah daya lihat dan ketahanan daya.

Dari 18 vendor yang dinilai, Ford berhasil meraih posisi terbaik karena kemampuan luar biasanya dalam menjalankan strategi dengan pemahaman penuh seperti mengontrol sarana manufaktur mobil. Sepak terjang Ford dalam kemudi otomatis juga sudah lama terdengar. Ford juga menyatakan siap untuk memproduksi massal sistem kendali otomatis penuh pada 2021.

Ford juga terus mencetak headline dengan perkembangan prototipe Fusion serta capaian lainnya. Salah satu yang paling menonjol ialah investasi sebesar satu miliar dolar Amerika untuk startup pemula Argo AI. Tak lupa, Ford juga aktif dalam publikasi seperti tulisan Vice President Pengembangan Produk dan CTO Ford Raj Nair yang mengungkapkan strategi dan kemampuan Ford dalam memanufaktur kendaraan serta menerjunkan sistem kemudi otomatisnya di jalan.

Baca juga: Tawarkan Asuransi Seumur Hidup, Tesla Optimistis dengan Mobil Otomatisnya

Hal lain yang juga cukup menonjol ialah absennya Tesla dari daftar 10 besar. Alasannya, perusahaan otomotif yang digawangi Elon Musk ini merupakan salah satu perusahaan yang dinilai paling siap dalam meluncurkan mobil kendali otomatis di pasar. Kendaraan Tesla yang dilemgkapi HW2 bahkan ditujukan untuk menjadi mobil kendali otomatis Level 5 setelah pembaruan perangkat lunak over-the-air (OTA) rampung dilakukan. Demo mobil kendali otomatis penuh Tesla siap dilakukan pada akhir 2017 nanti.

Terkait hasil penilaian ini, Navigant Research menyatakan bahwa hal terpenting dalam persaingan ini ialah cara produksi yang baik. Waktu akan menjawab apakah daftar ini akan terus bertaham atau akan ada perbedaan di masa mendatang dengan hadirnya inovasi-inovasi yang berlum terungkap.

Berikut ini ialah daftar 10 vendor mobil kendali otomatis terbaik versi Navigant Research, seperti dilansir Mashable:

1.  Ford

2.  GM

3.  Renault-Nissan Alliance

4.  Daimler

5.  Volkswagen Group

6.  BMW

7.  Waymo

8.  Volvo/Autoliv/Zenuity

9.  Delphi

10. Hyundai Motor Group

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement