Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Thursday, 7 Zulqaidah 1442 / 17 June 2021

Komunitas Velre Tingkatkan Kesadaran Mahasiswa tentang Penggunaan Kertas

Rabu 05 Apr 2017 11:53 WIB

Red: Hazliansyah

Pelatihan daur ulang kertas

Pelatihan daur ulang kertas

Foto: ANTARA/Agus Bebeng

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah komunitas yang fokus kepada lingkungan di Universitas Padjadjaran (Unpad) yakni Save Sustainable Nature atau Velre bertekad menjadikan kampus tersebut sebagai green campus.

"Fokus dari komunitas ini adalah membuat awareness bagi mahasiswa-mahasiswa lainnya agar dapat memaksimalkan kertas yang sudah tidak dipakai lagi," kata Project Officer Velre, Puspa Sagara, di Kampus Unpad Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (4/4).

Verle yang berdiri sejak Februari 2014 ini banyak menjalankan aktivitas lingkungan yang erat kaitannya dengan kertas di kalangan mahasiswa.

"Berawal dari teman main, kami memiliki kesadaran bahwa mahasiswa memiliki andil besar dalam menyelamatkan lingkungan," kata Puspa.

Cita-cita untuk mewujudkan green campus di Unpad tersebut direalisisasi oleh velre dengan cara mengumpulkan kertas bekas. Kertas-kertas ini mereka kumpulkan dari berbagai tempat di Jatinangor, Kabupaten Sumedang, terutama kertas bekas yang dihasilkan oleh para mahasiswa Unpad.

"Tidak sedikit teman-teman yang memiliki tumpukan kertas di kost-annya. Kalau dibuang sayang, maka dari itu kita inisiatif untuk meminta kertas-kertas tersebut. Kebanyakan sih kertas bekas tugas dan hasil revisi skripsi," ujar Puspa.

Kertas-kertas yang sudah dikumpulkan tersebut, nantinya didaur ulang menjadi notebook supaya bisa digunakan lagi dan hasil dari daur ulang tersebut mereka namakan One-Sided Journal (OSJ).

"Nama tersebut berangkat dari penggunaan satu sisi pada tiap halaman. Mengapa hanya satu sisi? Tentu karena sisi lainnya sudah terpakai oleh penyumbang kertas," kata dia.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA