Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Liverpool Menangi Derby Merseyside

Sabtu 01 Apr 2017 20:26 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

Para pemain Liverpool mengerubungi Divock Origi yang mencetak gol ke gawang Everton di Anfield, Sabtu (1/4).

Para pemain Liverpool mengerubungi Divock Origi yang mencetak gol ke gawang Everton di Anfield, Sabtu (1/4).

Foto: liverpool, derby merseyside

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool mempertahankan dominasinya dari rival sekota Everton pada laga derby Merseyside, Sabtu (1/4). The Reds menaklukkan Everton 3-1 dalam laga pekan ke-30 Liga Primer Inggris.

Tiga gol Liverpool diciptakan oleh Sadio Mane (8'), Philippe Coutinho (31') dan Divock Origi (60'). Everton hanya bisa membalas melalui Matthew Pennington pada menit ke-28.

Hasil ini membuat tim asuhan Juergen Klopp untuk sementara naik ke posisi ketiga klasemen dengan nilai 59, menggeser Manchester City yang baru akan bermain melawan Arsenal pada Ahad (2/4). Sementara Everton tak beranjak dari posisi ketujuh dengan nilai 50.

Anfield bergemuruh ketika penyerang sayap the Kop, Sadio Mane mampu merobek gawang Everton pada menit kedelepan. Menerima bola dari Roberto Firmino, pemain timnas Senegal tersebut melakukan akselerasi sebelum menjebol gawang tim tamu yang dikawal Joel Robles.

Tak ingin terus ditekan oleh tuan rumah Everton mengambil inisiatif untuk melakukan serangan mengandalkan kecepatan gelandang muda Ros Barkley.

Peluang pertama bagi pasukan Ronald Koeman terjadi pada menit ke-14. Sayang Romelu Lukaku gagal mengambil bola yang disodorkan Idrissa Guaye, sehingga berhasil dimentahkan oleh barisan pertahanan the Reds.

Memasuki pertengahan babak pertama, aliran bola Everton mengarah pada sisi sebelah kiri melalui pergerakan sang kapten Leighton Baines. Usaha keras the Toffees mengejar ketinggalan baru membuahkan hasil pada menit ke-28.

Berawal dari sepak pojok, sundulan Phiel Jagielka gagal diteruskan Dominic Calvert Lewin. Bola liar disambar Matthew Pennington untuk menjebol gawang the Reds. Debut gemilang bek berusia 22 tahun membuat papan skor menjadi 1-1.

Tapi skor imbang ini hanya bertahan sebentar. Tiga menit berselang Liverpool kembali unggul 2-1. Gol ini justru merupakan kesalahan Pennington yang gagal mengadang pergerakan Coutinho. Tiba di kotak penalti, Coutinho melepaskan tembakan melengkung yang menembus pojok atas kiri gawang Joel Robles. Skor 2-1 bagi Liverpool bertahan sampai jeda.

Memasuki interval kedua, tim besutan Juergen Klopp langusng menancapkan gas dengan aksi penyerang asal Brasil, Coutinho. Pemilik nomor sepuluh tersebut menebar ancaman, tetapi bola yang sempat berubah arah berhasil dihentikan Robles.

Insiden terjadi pada menit ke-53, pencetak gol pertama bagi kemenangan Liverpool, Sadio Mane mendapat adangan keras dari Baines dan membuatnya terkapar. Hal tersebut membuat eks penyerang Soton tersebut ditarik keluar dan digantikan Divock Origi.

Origi yang baru masuk langsung merobek jala lawan pada menit ke-60. Berawal dari kegagalan Holgate mempertahankan bola di sisi kanan membuat James Milner mampu menggebrak ke depan dan menyusun serangan balik yang cepat.

Full bek kawakan tersebut kemudian menyodorkan bola kepada Coutinho. Mantan pemain Inter ini lantas mengalirkan bola untuk Origi. Penyerang asal Belgia ini dengan mudah menaklukkan bek Williams sebelum memperdaya kiper Joel Robles.

Memasuki menit ke-70 alur serangan lebih di dominasi Everton. Beberapa kali percobaan Holgate mengharuskan Simon Mignolet bekerja lebih keras.

Percobaan pertama youngster muda tersebu terjadi pada menit ke-72 melalui tandukannya. Sayang bola masih melayang di atas gawang the Reds.

Holgate kembali menekan lini belakang Liverpool, kali ini pemain berusia 20 tahun tersebut melepaskan bola ke tengah kotak penalti, tetapi Calvert Lewin gagal memanfaatkan peluang emas tersebut. 

Hingga tambahan waktu lima menit dari wasit ANthony Taylor berakhir, Everton gagal untuk setidaknya memperkecil skor.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA