Kamis 23 Mar 2017 15:57 WIB

UNS Gelar Kejuaraan Karate ASEAN

Rep: Andrian Saputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pertandingan karate. Ilustrasi
Foto: Antara
Pertandingan karate. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Sebelas Maret (UNS) kembali menggelar kejuaraan karate antarmahasiswa se-Asia Tenggara. Kejuaraan bernama Semar Cup X tersebut akan diikuti oleh atlet karate nasional dan atlet karate dari negara lain di Asia Tenggara.

Ketua Pantia Semar Cup X menjelaskan kejuaraan tersebut berlangsung selama tiga hari mulai dari Jumat (24/3). Perlombaan akan dilaksanakan di Gor Sritex Arena Solo.

"Kejuaraan ini UKM bertaraf Asia Tenggara dengan titel Southeast Asia Karate University Championship, sehinggga dipastikan selain atlet nasional juga turut bersaing pula atlet negara-negara lain di ASEAN," kata Roy pada Jumat (23/3) siang.

Lebih lanjut dia mengatakan peraturan pertandingan yang ditetapkan pun sudah disesuaikan denfab peraturan Federasi Karate Dunia. Diantaranya seperti perwasitan hingga lapangan yang mengharuskan adanya kamera sebagai penunjang pelaksanaan. Roy mengatakan digelarnua kejuaraan karate tingkat Asia Tenggara itu sekaligus untuk memeriahkan rangkaian dies natalis UNS yang ke-41.

"Kami mengusung tema untuk mendorong dan membentuk solidaritas antar karateka mahasiswa. Dikarenakan banyaknya dan keberagaman aliran karate serta universitas di Asia Tenggara diharapkan dengan adanya event kejuaraan ini dapat mendorong keberagaman tersebut untuk bisa bersatu melalui karate” lanjut Roy.

Kejuaraan Semarcup X ini menerapkan sistem pendaftaran secara online. Sehingga bagi kontingen yang ingin mendaftar, baik dalam maupun luar negeri dalam lingkup ASEAN cukup mengunjungi website resmi kejuaraan semar cup.

Hingga saat ini kontingen dari dalam negeri yang mendaftar sekitar 60 kontingen dan dari luar negeri ada 3 yaitu Brunei, Malaysia, dan Timor Leste.  Kejuaraan ini nantinya akan diisi dengan beberapa hiburan dari Pesona Nusantara lainnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement