Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Podolski Cetak Gol Perpisahan, Jerman Taklukkan Inggris 1-0

Kamis 23 Mar 2017 05:54 WIB

Red: Israr Itah

Ekspresi Lukas Podolski (kiri) saat mencetak gol untuk Jerman ke gawang Inggris, Kamis (23/) dini hari WIB.

Ekspresi Lukas Podolski (kiri) saat mencetak gol untuk Jerman ke gawang Inggris, Kamis (23/) dini hari WIB.

Foto: Ina Fassbender/dpa via AP

REPUBLIKA.CO.ID, DORMTMUND -- Lukas Podolski menutup 13 tahun kariernya di tim nasional Jerman dengan sempurna. Podolski mencetak gol kemenangan Die Mannschaft 1-0 saat menjamu Inggris dalam laga persahabatan di Signal Iduna Park, Dortmund, Kamis (23/3) dini hari WIB.

Podolski, yang menjadi kapten untuk kali pertama, melepas tendangan keras pada menit ke-69 pada laga ke-130 bersama Jerman. Ini sekaligus menjadi gol ke-49 saat membela Die Mannschaft.

Pemain berusia 31 tahun ini memutuskan pensiun dari sepak bola internasional. Setelah bermain di Liga Turki, Podolski akan hijrah ke Jepang memperkuat Vissel Kobe.

 

Jerman tanpa sejumlah pemain kunci pada laga ini termasuk Manuel Neuer, Julian Draxler, Mesut Oezil. Pelatih Joachim Loew menurunkan pemain muda Timo Werner, Julian Brandt, dan Leroy Sane sebagai starter. Alhasil Jerman berada dalam tekanan yang berujung peluang emas bagi Jamie Vardy dan Michael Keane pada awal laga. Sayangnya, kesempatan pada laga debut mereka ini tak berbuah gol.

Peluang terbesar Inggris hadir pada menit ke-30 saat Adam Lallana memanfaatkan kesalahan Joshua Kimmich. Lagi-lagi Inggris tak beruntung karena meskipun tinggal berhadapan dengan Marc Andre ter Stegen, sepakan pemain Liverpool ini hanya membentur tiang.

Ter Stegen menyelamatkan Jerman sebelum jeda setelah memblok tendangan Dele Alli. Tekanan bertubi-tubi ini tampak membuat Inggris akan kembali meraih kemenangan seperti ketika menundukkan Jerman 3-2 dalam laga persahabatan tahun lalu.

Tapi Podolski kemudian muncul sebagai pahlawan. Tendangan kerasnya dengan kaki kiri pada jarak 25 meter berhasil menaklukkan kiper Joe Hart. Ini menjadi kekalahan pertama pelatih Inggris Gareth Southgate sejak ditunjuk sebagai pelatih tetap the Three Lions pada November 2016.

 

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA