Sabtu 18 Mar 2017 22:20 WIB

Pelita Jaya Tumbangkan Hangtuah, Jaga Peluang Juara Divisi Putih

Center Pelita Jaya Ponsianus Nyoman (kiri) berusaha memasukkan bola saat melawan Hangtuah Sumsel, Sabtu (18/3).
Foto: Dok IBL
Center Pelita Jaya Ponsianus Nyoman (kiri) berusaha memasukkan bola saat melawan Hangtuah Sumsel, Sabtu (18/3).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pelita Jaya Jakarta menundukkan Hangtuah Sumsel  91-57 pada Seri VII IBL Pertalite 2017 di C’Tra Arena Bandung, Sabtu (18/3). Hasil ini membuat Pelita Jaya menjaga peluang menjuarai Divisi Putih.

Pelita Jaya akan menghadapi Pacific Caesar pada laga pamungkas Ahad (19/3). Respati Ragil Pamungkas dkk wajib menang untuk memastikan sebagai juara Divisi Putih mengatasi Pacific dan W88New. Aspac.

Laga ini diwarnai oleh pengusiran lima pemain dari kedua tim karena insiden di lapangan. Bermula saat tensi meningkat pada awal kuarter ketiga. Terjadi insiden antara Kore White (Pelita Jaya) dan Mei Joni (Hangtuah) seusai keduanya terjatuh saat berebut bola . Pemain cadangan Hangtuah langsung merangsek masuk lapangan untuk memisahkan.

Akan tetapi aturan melarang pemain cadangan masuk ke lapangan dalam situasi apa pun. Wasit Harja Jaladri kemudian mengeluarkan Kore White dan lima pemain Hangtuah, yakni Mei Joni, Andrie Ekayana, Richardo  Uneputty, Yan Steven Pattikawa, dan Ahmad Junaedi, serta memberikan technical foul kepada ofisial Hangtuah.

 “Kami rugi kehilangan Kore White karena rejected. Sebab persaingan berebut juara Divisi Putih masih sengit, belum lagi harus absen dalam satu gim di play-off nanti,” kata pelatih PJ, Johannis Winar.

Sesuai regulasi, pemain yang terkena rejected dalam satu gim tidak diperkenankan tampil dalam dua gim berikutnya.

“Kami akan ajukan banding. Semua pasti ingin tim yang bertanding di play-off tampil dengan kekuatan terbaiknya,” ujar Ahang, sapaan akrab Ahang. Sepanjan kompetisi berlangsung musim ini, White disebutnya sebagai pemain yang tak banyak berulah.

 Ahang memuji pasukannya yang tidak terpancing dengan insiden tersebut. “Mereka tetap bisa tampil sebagai satu tim dan menunjukkan permainan berkualitas,” ungkapnya.

Respati Ragil Pamungkas menjadi pencetak poin terbanyak bagi PJ dengan raihan 25 angka. Amin Prihantono mengikuti dengan 14 poin, Hendru Ramli mencetak 12 angka dan Martavious Irving mengemas 11 angka.

Di kubu Hangtuah, Jajuan Smith kembali menunjukkan produktivitas dengan torehan 19 angka dan 14 rebound. Falando Jones menambah 16 angka bagi timnya.                        

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement