Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Thursday, 24 Rabiul Awwal 1441 / 21 November 2019

Dirut Baru Ingin Manajemen Pertamina Bergaya Total Football

Kamis 16 Mar 2017 16:22 WIB

Rep: Frederikus Bata/ Red: Nur Aini

Jajaran Direksi PT  Pertamina Persero bersama Direktur Utama baru Elia Massa Manik (Tengah) berpose bersama di Kantor Pusat Pertamina, di Jakarta, Kamis (16/3).

Jajaran Direksi PT Pertamina Persero bersama Direktur Utama baru Elia Massa Manik (Tengah) berpose bersama di Kantor Pusat Pertamina, di Jakarta, Kamis (16/3).

Foto: Republika/ Frederikus Bata

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Pertamina Persero yang baru Elia Massa Manik ingin semua unsur di Pertamina bekerja sama dengan prinsip keterbukaan komunikasi dalam perusahaan tersebut.

"Kalau ada masalah di hilir, atau hulu, tanggung jawab semua direksi itulah yang namanya total football," kata Elia di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (16/3).

Budaya transparansi, menurut dia, perlu dikembangkan di Pertamina. Sebab dengan begitu masing-masing sektor saling mengetahui apa yang terjadi. "Misalnya minjem (ke bank) kita tahu bunganya, semua direksi harus tahu, jadi ukuran ini yang kita kembangkan," ujar mantan Dirut PTPN III Persero itu.

Elia memahami Pertamina saat ini mempunyai banyak sosok yang paham di bidang energi. Tugas selanjutnya, kata dia, yakni bagaimana menyinergikan sumber daya manusia tersebut mencapai target yang dicanangkan. "Kunci semua itu solidaritas komunikasi," tuturnya.

Elia mengakui ada tugas berat di pundaknya ke depan. Salah satu yang menantang yakni bagaimana menangani cadangan energi fosil yang terus menurun sementara Indonesia masih bergantung pada sektor itu. "Cadangan minyak kita terus menurun, ini satu tantangan. Kasih saya waktu pelajari," ujarnya.

Baca juga: Luhut: Kabinet Satu Suara Tunjuk Elia Jadi Dirut Pertamina

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA