Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Monday, 5 Jumadil Akhir 1442 / 18 January 2021

Wisata Religi di Kota Semarang

Senin 13 Mar 2017 14:45 WIB

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani

Masjid Agung Semarang

Gereja Blenduk (sekarang Gereja GPIB Immanuel) yang arsitekturnya bergaya Phantheon dengan bangunan khas Portugis merupakanu landmark Kota Lama Semarang.

Foto:

Gereja Blenduk
Merupakan Gereja Kristen tertua di Jawa Tengah yang dibangun pada tahun 1753 dengan bentuk heksagonal. Gereja ini memiliki nama asli Gereja Protestan Indonesia Barat (GPIB) Immanuel. Nama Blenduk berasal dari penyebutan orang lokal karena bentuk atap berupa kubah. Gereja Blenduk terletak di samping Taman Srigunting, kawasan Kota Lama di Jl. Letjend Suprapto No 32.
 
Gereja Blenduk memiliki desain arsitektur seperti bangunan Eropa dengan jadwal ibadah setiap hari Minggu pagi dan sore. Tidak semua wisatawan bisa memasuki area gereja karena gereja ini merupakan bangunan cagar budaya yang telah menjadi ikon Kota Lama.
 
Gereja Katedral Semarang
Gereja ini merupakan gereja Katolik terletak di Jalan Dr. Soetomo, Semarang. Tepat di kawasan Tugu Muda, tidak jauh dari Lawang Sewu dan Museum Mandala Bakti. Gereja Katedral ini dibangun pada tahun 1927 dan awalnya merupakan balai kesehatan. Pada tahun 1937, gereja ini ditetapkan sebagai katedral dan Mgr. A. Soegijapranata diangkat sebagai uskup agung pertama di kota Semarang.
 
Kawasan Gereja Katedral ini terdiri atas ruangan katedral inti, ruang pertemuan, dan sekolah. Selain itu juga terdapat kantor Uskup yang berisi sebuah kapel, arsip, sekretariat, taman, dan ruang pertemuan. Gereja Katedral memiliki jadwal tetap dalam setiap ibadahnya.
 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA