Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Thursday, 14 Zulqaidah 1442 / 24 June 2021

Wisata Religi di Kota Semarang

Senin 13 Mar 2017 14:45 WIB

Rep: desy susilawati/ Red: Esthi Maharani

Masjid Agung Semarang

Masjid Agung Semarang

Foto: seputarsemarang.com

REPUBLIKA.CO.ID, REPUBLIKA.CO.ID, Kota Semarang merupakan kota yang multietnis, penduduk pribumi dan pendatang hidup membaur dan saling berdampingan. Dalam proses tersebut, terjadilah proses akulturasi budaya dan agama. Tempat ibadah mulai tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat.

Public Relation & Advertising Ezytravel.co.id, Noor Aini Rachmawati menjelaskan bahkan beberapa tempat ibadah menjadi destinasi wisata religi, beberapa tempat tersebut adalah :
 
Masjid Agung Jawa Tengah
Terletak di Jalan Gajah, proses pembangunan masjid ini dilakukan pada tahun 2001 sampai 2006 dan diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Bangunan Masjid Agung Jawa Tengah didesain oleh Ir. H. Ahmad Fanani dengan arsitektur campuran Jawa, Arab, dan Romawi.

Bangunan masjid berbentuk limas merupakan penggambaran budaya jawa, ornamen kaligrafi di masjid ini merupakan gambaran budaya Arab, sedangkan koloseum di pelataran masjid terinspirasi arsitektur bangsa Romawi. Beberapa fasilitas di Masjid Agung Jawa Tengah ini antara lain Menara Asma Al-Husna setinggi 99 meter, museum perkembangan agama Islam, gardu pandang, dan tempat rukyat al-hilal.
 
Selain itu, masjid ini memiliki enam payung raksasa yang dibuka ketika perayaan hari besar umat Islam seperti Idul Fitri dan Idul Adha. Masjid Agung Jawa Tengah selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik yang ingin menikmati keindahannya.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA