Senin 13 Mar 2017 00:22 WIB

Kebiasaan Buruk Wanita Ini Sebabkan Masalah di Bahu

Rep: Gita Amanda/ Red: Indira Rezkisari
Wanita menenteng tas di bahunya.
Foto: Pixabay
Wanita menenteng tas di bahunya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Beban tas yang terlalu berat merupakan salah satu penyebab utama sakit pada bahu wanita. Sebanyak 80 persen masalah bahu pada wanita disebabkan beban yang dibawa di dalam tas.

 

"Delapan puluh persen problem bahu pada wanita itu karena tasnya terlalu berat, semua dimasukkan ke dalam tas," kata Dokter Spesiali Kedokteran Olah Raga dr Andi Kurniawan Sp.KO, usai Media Gathering Anlene #TetapBisa di Intercontinental Hotel, beberapa waktu lalu.

Ditambah lagi menurut Andi, perempuan kerap menggunakan satu bahu untuk menyadang beban di tasnya. Ini juga membuat bahu harus menanggung beban besar hingga menyebabkan masalah. 

 

Masalah pada bahu berbahaya jika dibiarkan terus menerus berulang. Sebab ini bisa membuat bahu mengalami frozen shoulder. Ini akan membuat sendi kaku dan ruang gerak sendi terbatas. Semakin lama sendi akan semakin mengeras.

Cara mengatasinya, selain tak membawa beban terlalu berat pada tas juga dengan rutin melakukan olahraga atau aktivitas fisik. Olahraga atau latihan fisik ini bisa membuat sendi-sendi dan otot terus sehat.

"Latihan (fisik) juga membuat ruang gerak sendi menjadi lebih maksimal," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement