Sabtu 11 Mar 2017 10:08 WIB

Empat Prodi Unhas Raih Akreditasi Internasional

Kampus Universitas Hasanuddin
Kampus Universitas Hasanuddin

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Rektor Unhas Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA menyatakan kini ada tiga program studi S1 dan satu program magister Universitas Hasanuddin yang telah terakreditasi internasional.

Dwia menyatakan program studi pertama yang dinyatakan lolos yakni Teknik Sipil, kemudian Pendidikan Dokter, dan informasi terakhir yang diterima Unhas 8 Maret 2017 adalah Program Studi Kesehatan Masyarakat yang juga dinyatakan lolos akreditasi AUN QA.

"Dengan demikian saat ini ada tiga prodi S1 di Unhas yang telah memenuhi kriteria akreditasi AUN QA dan 1 Program Magister yaitu Magister Manajemen (Fakultas Ekonomi dan Bisnis) juga dinyatakan telah memenuhi kriteria akreditasi internasional ABEST 21," katanya di Makassar, Sabtu (11/3).

Keberhasilan ini, menurut Rektor, tidak terlepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak, sivitas akademika dan para pemangku kepentingan. "Apa yang kita capai ini tidak lepas dari dukungan dan partisipasi semua pihak sehingga ketiga prodi ini bisa lulus akreditasi internasional. Saya berterima kasih kepada mereka semua," ujar Dwia.

Saat ini, kata dia, ada tiga prodi lagi yang sedang dipersiapkan untuk diakreditasi AUN QA Batch 2 pada Agustus mendatang, yaitu Program Studi Ilmu Kelautan, Hubungan Internasional, dan Teknik Geologi. "Mohon doa restu dan dukungannya untuk assesment AUN QA Batch 2 ini semoga bisa sukses juga seperti pada Batch 1. Kita berharap dukungan dan doa restu untuk assesment AUN QA Batch 2 ini semoga bisa sukses juga seperti pada Batch 1," harapnya.

Universitas Hasanuddin, lanjut Rektor, akan terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan di Unhas, terlebih lagi di era globalisasi ini di mana persaingan semakin ketat karena harus berkompetisi secara global. "Semoga upaya untuk menghadirkan pendidikan berkualitas internasional di Unhas dapat terus berlanjut," katanya.

Sebelumnya, Ketua Tim Penyiapan AUN QA Unhas, Dr Ir Prastawa Budi, MSc menyatakan penetapan Prodi Teknik Sipil terakreditasi AUN QA dengan nilai 4,5. Sementara Prodi Kedokteran dengan nilai akreditasi 4,6 diperoleh beberapa waktu lalu.

"Untuk lolos AUN QA harus mencapai limit akreditasi 4 ke atas. Limit nilai yang dicapai dua prodi Unhas itu termasuk tinggi, karena ada prodi di universitas lain yang lolos AUN QA hanya mencapai nilai 4,1," jelasnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement