Jumat 10 Mar 2017 12:02 WIB

Berbahaya Jika Terlalu Banyak Makan Daging Olahan

Daging olahan
Foto: Flickr
Daging olahan

REPUBLIKA.CO.ID, Konsumsi terlalu banyak daging olahan, garam, soda dan kurang asupan kacang-kacangan merupakan sederet kebiasaan buruk penyebab kematian menurut jurnal JAMA. Daging olahan yang dimaksud antara lain sosis, hot dog, salami, daging kornet, dendeng, dan ham. Semua makanan mengandung garam tambahan atau bahan pengawet untuk meningkatkan citarasanya, selain itu lemak jenuh tinggi.

Salah satu penulis studi, Renata Micha mengatakan garam berhubungan dengan hampir 10 persen kematian. Sementara terlalu sedikit kacang-kacangan, biji-bijian dan seafood menyumbang sekitar 8 persen. Enam potong daging olahan (deli meat) saja bisa mengandung setengah kebutuhan garam harian Anda menurut asosiasi kesehatan jatung di Amerika.

"Orang-orang harus membatasi asupan garam karena sodium berhubungan dengan tekanan darah tinggi," ujar direktur Woman's Cardiovaskular Health Program dari Ohio State University Wexner Medical Center, Dr Laxmi Mehta dilansir Medical Daily.

Mengambil contoh di Amerika, mayoritas kematian masyarakat (lebih dari 700 ribu) di sana akibat penyakit jantung, stroke dan diabetes, yang dipicu gaya hidup tak sehat tersebut. Dalam sebuah studi, peneliti menemukan kebanyakan mereka yang meninggal juga kurang mengonsumsi asam lemak omega-3, buah-buahan dan sayuran.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement