Rabu 08 Mar 2017 18:35 WIB

Cetak Sejarah, Audi Luncurkan Mobil Kedelapan Juta dengan Penggerak Quattro

Rep: Rossi Handayani/ Red: Winda Destiana Putri
All new Audi Q5.
Foto: Carscoops
All new Audi Q5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Audi merayakan tonggak bersejarah khusus pada tahun ini, yakni keluarnya mobil dari pabrik baru di San Jose Chiapa, yang merupakan mobil Audi kedelapan juta, yang dilengkapi dengan penggerak quattro. Teknologi tersebut merupakan pengendaraan yang memberikan keamanan, dan kenyamanan yang tinggi, bahkan di salju, serta di permukaan es. 

Dalam rilis yang diterima Republika belum lama ini, Mobil yang merupakan tonggak bersejarah itu adalah, Audi Q5 2.0 TFSI quattro, berwarna merah garnet. Teknologi quattro memulai debutnya pada 1980, dan kini tersedia model quattro dengan lebih dari 100 versi. 

Sistem penggerak empat roda quattro merupakan perlengkapan standar pada Audi Q7, Audi A4 allroad quattro, Audi A6 allroad quattro, Audi A8, Audi R8, seluruh model S dan RS, serta tersedia sebagai opsi bagi model-model Audi lainnya. Pada 2015, 44 persen dari seluruh konsumen Audi di seluruh dunia memilih model-model yang menggunakan penggerak quattro. 

Audi Q5 menempati urutan teratas dengan sekitar 262 ribu unit. Model-model quattro mendorong angka penjualan yang tinggi di Amerika Serikat, Kanada, Rusia, dan Timur Tengah. Di Jerman sendiri penjualan mobil quattro mencapai 122.048 unit.

Audi menawarkan penggerak quattro dengan versi yang berbeda, yang disesuaikan dengan tiap-tiap model. Untuk model mobil compact dengan mesin yang ditempatkan secara melintang, sebuah multi-plat kopling hidrolis yang dikendalikan secara elektronis ditempatkan di as (poros) belakang. 

Pada mobil sport R8 yang mesinnya terletak di tengah, multi-plat kopling itu ditepatkan di as depan. Pada saat menghadapi situasi pengendaraan tertentu, perangkat aktif itu mendistribusikan torsi yang berbeda-beda kepada masing-masing as.   

Gardan tengah yang dapat mengunci sendiri, yang banyak digunakan di model-model Audi, yang mesinnya ditempatkan memanjang (vertikal), murni bekerja secara mekanis. Pada umumnya, gardan tengah itu membagi torsi ke roda depan dan roda belakang dengan pembagian 40:60.  

Gardan sport tersedia di as belakang pada beberapa unit dengan rentang mesin yang teratas. Perangkat itu secara aktif mendistribusikan torsi di antara roda belakang, yang masing-masing dilengkapi multi-plat kopling elektrohidrolik canggih. Dalam kasus ekstrem, hampir semua torsi disalurkan ke satu roda, sistem itu mendorong mobil ke dalam tikungan, menghindari terjadinya understeer.

Pengembangan terbaru, quattro dengan teknologi ultra Tahap terkini dari pengembangan Audi adalah penggerak quattro dengan teknologi ultra. Sistem ini juga didesain untuk model-model yang mesinnya ditempatkan memanjang. 

Pada sistem ini, sebuah multi-plat kopling yang dikendalikan secara aktif di ujung transmisi, mendistribusikan torsi yang berbeda-beda di antara as penggerak dalam operasi penggerak empat roda. Sebuah decoupler pada gardan belakang dapat membuka koneksi ke roda belakang. Masing-masing kopling terbuka dalam situasi pengendaraan di mana sistem penggerak empat roda tidak diperlukan. Dengan kata lain, bagian-bagian dari penggerak roda belakang yang bertanggung jawab pada drag (tarikan) tidak bekerja. 

Unit pengendali sistem menggunakan banyak sekali data untuk memproyeksikan keadaan kendaraan, sekitar setengah detik ke depan. Jika sistem mendeteksi, misalnya, bagian dalam ban kehilangan pijakan, informasi itu diteruskan ke semua roda penggerak. Dengan demikian, penggerak empat roda selalu siap bereaksi jika diperlukan. Konsep baru ini jauh meningkatkan efisiensi, tanpa mengorbankan traksi atau pengendaraan yang dinamis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement