Rabu 08 Mar 2017 17:27 WIB

Jalankan Kegiatan Sosial, YWA Manfaatkan Limbah Oli

Yayasan Wahana Artha memanfaatkan limbah oli untuk membiayai kegiatan sosial yang dijalankan perusahaan
Foto: Wahana
Yayasan Wahana Artha memanfaatkan limbah oli untuk membiayai kegiatan sosial yang dijalankan perusahaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memiliki 16 outlet resmi AHASS (Astra Honda Authorized Service Station) bagi perusahaan ritel sepeda motor Honda PT Wahanaartha Ritelindo (Wari) memiliki berkah tersendiri. Tak hanya dari segi bisnis semata, namun limbah bengkel berupa oli dimanfaatkan untuk kegiatan sosial Yayasan Wahana Artha (YWA).

Ke-16 Wari AHASS yang tersebar di berbagai wilayah Jakarta Tangerang setiap bulan menghasilkan 7.000 hingga 10.000 botol limbah oli. Jumlah itu perlu penanganan yang baik sehingga tidak merusak lingkungan sekitar AHASS berada. Guna mengontrol limbah hal ini, YWA menjual oli pada pengepul dan hasilnya diiperuntukkan kegiatan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Menghindari pencemaran lingkungan sekitar bengkel, kami akhirnya mengumpulkannya lalu menjual kepada pengepul. Dengan cara ini, banyak kegiatan sosial positif yang dapat kami lakukan untuk masyarakat yang membutuhkan," papar Group Head of External Affairs Wahana, Harmina Montang dalam keterangan, Rabu (8/3).

Menurutnya, program yang berjalan sejak 2010 ini, juga mampu membantu kegiatan sosial yang lainnya. YWA Artha lahir sejak 2012 dan punya tiga fokus kegiatan sosial, yaitu di bidang kesehatan, lingkungan, dan pendidikan. "Selain lingkungan, kami juga fokus di bidang kesehatan dan lingkungan seperti kegiatan rumah sehat wahana dan pembangunan laboratorium Honda untuk bidang pendidikan," tambah Harmina.

Di bidang kesehatan, dia menjelaskan, YWA memberikan layanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu, antara lain dengan mendirikan rumah sehat yang berlokasi di Jatake Tangerang. ratusan masyarakat Januari lalu telah dapatkan beragam layanan dan manfaat kegiatan kesehatan yang dilakukan rumah sehat. Mulai dari aksi layanan sehat, pos lansia, penyuluhan, hingga pemeriksaan kesehatan reguler.

Sedangkan di bidang pendidikan, menggandeng PT Astra Honda Motor (AHM), Wahana telah membangun 52 laboratorium Honda di beragam SMK di berbagai wilayah Jakarta dan Tangerang. Laboratorium Honda merupakan bentuk dukungan untuk meningkatkan kualitas lulusan SMK. 

Selain membangun bengkel berstandar AHASS, tools yang digunakan juga sesuai dengan bengkel resmi Honda. Tidak hanya itu, bahan praktik berupa motor juga ikut disumbangkan. Bahkan lulusan berprestasi akan ditawarkan untuk bergabung dengan jaringan AHASS di bawah PT Wahana Makmur Sejati. Tahun ini direncanakan sebanyak 10 laboratium Honda akan dibangun di SMK–SMK terpilih.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement