Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Unissula Sediakan Beasiswa Bagi Penghafal Alquran

Selasa 07 Mar 2017 15:59 WIB

Rep: Bowo Priadi/ Red: Dwi Murdaningsih

FTI Unissula

FTI Unissula

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Kabar gembira datang untuk para penghafal Quran maupun putra-putri kiai, guru dan putra- putri anggota Polri yang ingin menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang yang telah membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) bakal memberikan banyak tawaran beasiswa.

Kepala UPT Pemasarandan Kehumasan Unissula Dedi Rusdi mengatakan calon mahasiswa Unissula yang hafdz Alquran dan dhuafa bakal dibebaskan dari biaya Dana Pengembangan Institusi (DPI).  “Khusus beasiswa tahfidz, kami sediakan bagi lima calon mahasiswa untuk Program Studi (Prodi) Kedokteran Umum dan satu calon mahasiswa untuk Prodi Kedokteran Gigi," katanya di Semarang, Selasa (7/3).

Sementara itu untuk Prodi non Kedokteran, calon mahasiswa hafidz Quran bakal tidak dikenakan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Selain penghafal Alquran calon mahasiswa yang merupakan alumni atau lulusan dari SMA Islam Sultan Agung juga diberikan keistimewaan.

“Mahasiswa baru yang berasal dari alumni SMA Islam Sultan Agung baik 1, 2 maupun 3 diringankan pembayaran uang gedung sebesar 50 persen,” kata dia.

Sesuai dengan SK YBWSA nomor 033/SK/YBW-SA/IV/IV/2017, biaya akan dipotong ketika melakukan pembayaran registrasi. Hal ini berlaku bagi jurusan non-klaster kesehatan.

Selain alumni Sultan Agung, Dedi menuturkan Unissula juga membuka kesempatan bagi siswa-siswi berprestasi. Baik  di bidang akademik, karya ilmiah, seni olahraga dan hafidz Alquran melalui jalur Penelusuran Siswa Berprestasi (PSB).

Calon mahasiswa baru yang menempuh jalur PSB akan diberikan keringanan sebesar 10 persen  serta bebas tes dan biaya pendafaran. Bagi calon mahasiswa yang berminat pendaftaran bisa dilakukan secara online.

Di luar kesempatan bagi hafidz Quran maupun siswa berprestasi, Unissula juga memberikan keringanan biaya berupa potongan DPI  untuk mahasiswa baru jalur regular. Yakni Fakultas Hukum bagi anak penegak hukum seperti hakim, jaksa, polisi, dan advokat. Termasuk Fakultas Agama Islam untuk anak Kiai serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan bagi anak guru. Masing- masing juga bisa mendapatkan potongan DPI sebesar 25 persen.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA