Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

NASA Luncurkan Perangkat Lunak kepada Publik Secara Gratis

Selasa 07 Mar 2017 15:16 WIB

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Winda Destiana Putri

NASA

NASA

Foto: Reuters

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – NASA belum lama ini meluncurkan katalog perangkat lunak 2017 sampai 2018 kepada publik. Perangkat lunak ini dapat diunduh secara gratis, tanpa biaya royalti maupun hak cipta.

Dikutip laman Science Alert, Senin (6/3), peluncuran ini sebenarnya sudah ketiga kalinya dilakukan NASA. Hal ini merupakan bagian dari program transfer teknologi dari pihaknya ke publik. 

Katalog ini termasuk satu ton produk perangkat lunak dengan berbagai aplikasi teknis, Beberapa dari aplikasi tersebut dirilis ke publik untuk pertama kalinya. Katalog ini berisi 15 kategori yang di antaranya terkait pengolahan data / storage, sistem bisnis, operasi, propulsi, dan aeronautika.

Baca juga: NASA Ingin Kirim Kru Manusia Pertama pada Peluncuran Roket SLS

Menurut administrator asosiasi untuk Direktorat Misi Teknologi Ruang Angkasa NASA, Steve Jurczyk,  katalog itu pada dasarnya untuk mendukung ekonomi inovasi. Caranya, dengan memberikan akses ke alat yang digunakan hari ini oleh para profesional kedirgantaraan untuk pengusaha, usaha kecil, akademisi, dan industri. "Akses ke kode perangkat lunak ini memiliki potensi untuk menghasilkan manfaat nyata untuk menciptakan lapangan kerja di Amerika, memperoleh penghasilan, dan menyelamatkan kehidupan," tambah dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA