Senin 06 Mar 2017 13:13 WIB

Menimba Ilmu Islam di Kota Lahirnya Kesultanan Ottoman

Rep: Hasanul Rizqa/ Red: Dwi Murdaningsih
Sejumlah mahasiswa Indonesia di Turki
Foto: dok: Yayasan Pendidikan Indonesia-Turki
Sejumlah mahasiswa Indonesia di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Uludag University merupakan salah satu kampus negeri unggulan di Turki. Lokasinya terletak di Kota Bursa, dengan didominasi pemandangan hutan rindang berhawa sejuk. Menurut Prof Eray Alper, salah satu wakil rektor Uluag University, sampai saat ini ada 44 orang Indonesia yang sedang menempuh studi di Uludag University. Empat WNI di antaranya sedang meraih gelar doctor of philosophy (PhD) di sana.

“Sebagai wakil rektor, saya berharap jumlah ini terus meningkat dari tahun ke tahun. Kampus kami merupakan salah satu yang terunggul di Turki, dengan para pengajar yang terkemuka di bidangnya,” kata Prof Eray Alper saat menyambangi kantor Republika.co.id di Jalan Warung Buncit Raya, (23/2).

Bursa berlokasi di selatan Istanbul. Jarak antara kota yang dahulu bernama Konstantinopel itu dengan Bursa hanya satu jam perjalanan dengan mobil. Posisi geografisnya diapit pantai Laut Marmara di utara dan pegunungan Uludag di selatan.

Selain itu, Bursa juga memiliki nilai historis yang tinggi bagi peradaban Islam. Pada 2014 lalu, UNESCO mendeklarasikan Bursa sebagai “tempat lahirnya kebudayaan Kesultanan Ottoman.” Dengan kata lain, Bursa termasuk daftar warisan sejarah dunia versi PBB. Karena itu, Uludag University tampak kian istimewa. Kampus ini memiliki antara lain 14 fakultas, dua sekolah tinggi, 15 sekolah vokasi, dan empat institut.

Fakultas-fakultas itu meliputi Teologi Islam; Ilmu Kedokteran; Ekonomi dan Ilmu Administrasi; Teknik; Kedokteran Hewan; Pertanian; Ilmu Pendidikan; Seni dan Sains; Hukum; Seni Rupa; Arsitektur; Ilmu Olahraga; dan Administrasi Bisnis.

Menurut di, Fakultas Teologi Islam Uludag University merupakan yang terbaik seantero Turki. Khususnya dalam bidang Tasawuf, Kalam, Fiqih, dan Sejarah Agama. Fakultas ini berdiri bersamaan dengan lahirnya Uludag University tahun 1975.

Keberadaan Bursa sebagai kota cikal bakal Kesultanan Ottoman tentunya merupakan nilai tambah bagi Uludag University. Demikian pula terkait Turki sebagai “jembatan” antara Asia dan Eropa.

Ada tiga departemen di Fakultas Teologi Islam Uludag University, yakni Ilmu Islam, Kajian Agama-agama dan Filsafat, serta Sejarah dan Kesenian Islam. Beberapa program studinya, antara lain, Tafsir, Hadis, Fiqih, Kalam, Tasawuf, Sastra Arab, Filsafat Islam, Sosiologi Agama, Sejarah Islam, dan Sejarah Turki Islam.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement