Senin 06 Mar 2017 12:46 WIB

Pengajaran Bahasa Sunda Bisa Lewat Lagu

Buku bahasa Sunda
Foto: Indonesiarayanews
Buku bahasa Sunda

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Akademisi dan budayawan asal Bandung, Jawa Barat, Prof Ganjar Kurnia mengatakan pengajaran materi bahasa Sunda dimulai dengan memperkenalkan lagu daerah agar lebih mudah dipahami oleh siswa.

"Lagu itu media yang cukup menyenangkan sebagai media pembelajaran. Diharapkan dengan menggunakan lagu siswa akan hafal, kemudian mengerti arti kata bahasa sunda bahkan kalimat dalam lagu tersebut," kata Ganjar Kurnia, Senin (6/3).

Mantan Rektor Universitas Padjadjaran ini menuturkan salah satu kesulitan yang dirasakan para murid dalam mempelajari bahasa Sunda yaitu kata-kata yang digunakan merupakan kata-kata lama.

Tidak hanya masalah kosakata yang tidak berkembang, kata Ganjar, ia juga menyampaikan kritikan atas metode pembelajaran Bahasa Sunda yang digunakan para guru mengikuti kaidah teori spiral.

"Semakin lama semakin sulit. Padahal, menurutnya salah satu tujuan utama belajar bahasa yaitu untuk berkomunikasi. Seharusnya materi dan metode yang digunakan semakin lama semakin menyenangkan," kata dia.

Oleh karenannya ia menyarankan pengajaran materi bahasa Sunda dimulai dengan memperkenalkan lagu daerah karena hal tersebut dianggap cukup menyenangkan sebagai media pembelajaran.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement