Selasa 28 Feb 2017 15:25 WIB

Menelisik Kekuatan Honda di Tengah Industri Otomotif

Rep: Novita Intan/ Red: Winda Destiana Putri
Honda
Honda

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG - Kementerian Perindustri (Kemenperin) menyebut produsen otomotif asal Jepang memiliki kekuatan terbesar di pangsa pasar di Indonesia. Hal itu terlihat dari dikembangkan dua pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat dan mampu memproduksi satu juta unit sejak 2003.

Direktur Jendral Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, I Gusti Putu Suryawirawan mengatakan di tengah melambatnya industri otomotif akibat kurang baiknya ekonomi nasional dan global, Honda mampu menunjukkan eksistensinya di Indonesia. "Honda mampu menjadikan Indonesia basis produksi, secara investasi kembangkan dua pabrik, kapasitas 200ribu produksi dan mengeluarkan 6 model mobil baru," ujarnya di Karawang, Jawa Barat, Senin (27/2).

Menurutnya, tidak mudah mencapai angka satu juta produksi selama kurun waktu 14 tahun di Indonesia. Namun, Honda mampu memberikan inovasi dan teknologi teranyar di pasar otomotif dalam negeri.

Sementara Executive Vice President Honda, Seiji Kuraishi menyakini perusahaan mampu berkontribusi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Setidaknya, ada 3 mesin penggerak yang mampu menggairkan pasar otomotif. "Kami memiliki model untuk memenuhi kebutuhan skala ekonomi, kami memiliki model lokal untuk memenuhi target kebutuhan konsumen dan kami mendapat dukungan idel dari negara dan bisnis," ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement