Ahad 26 Feb 2017 17:19 WIB

Tingkat Kelulusan Tepat Waktu di Unisba Capai 60 Persen

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Rektor Unisba Thaufiq Bosoirie
Foto: Dok Republika
Rektor Unisba Thaufiq Bosoirie

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG --- Tingkat kelulusan mahasiswa di Universitas Islam Bandung (Unisba) yang tepat waktu, cukup tinggi. Pada 2016, tingkat kelulusan mahasiswa Unisba yang tepat waktu, sudah mencapai sekitar 60 persen.

"Mahasiswa yang lulus tepat waktu ini, banyaknya dari Fakultas Kedokteran. Karena kan sudah program, kalau tertinggal ya susah," ujar Menurut Rektor Unisba, M Thaufiq S Boesoirie usai acara Wisuda Mahasiswa Unisba Gelombang I tahun Akademik 2016/2017, akhir pekan lalu.

Selain Fakultas Kedokteran, ketepatan lulus berasal dari mahasiswa Fakultas Syariah dan Ekonomi. Yakni, rata-rata tiga setengah tahun. Karena itu, untuk meningkatkan tingkat kelulusan tepat waktu bagi mahasiswa Unisba ini, pihaknya akan meningkatkan peran bimbingan konseling.

"Ya, selain keinginan kuat dari mahasiswa untuk lulus tepat waktu, bimbingan konseling juga harus ditingkatkan," katanya.

 

Dalam wisuda kali ini, rektor  mewisuda mahasiswa sebanyak 752 orang. Ini, adalah terakhir dirinya memimpin wisuda sebelum berakhir masa jabatannya sebagai Rektor. Thaufiq berharap, ke depan pemimpin di Unisba akan semakin memimpin lebih baik. Karena, saat ini Ia baru meletakan dasar-dasarnya saja.

Terkait Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), Thaufiq menilai, semua mahasiswa tak perlu takut menghadapinya. Karena, Unisba terus menyiapkan mahasiswa berkarakteristik ahlakul karimah serta menyiapkan lulusan yang bisa digunakan oleh masyarakat luas.

Saat ini pun, kata dia, mahasiswa sudah semakin bisa bertanggung jawab dan mengerti, bahwa sarjana suatu alat yang bukan hanya untuk menjamin kehidupan di dunia saja tapi juga di akhirat. Konsep ini, ada pada mahasiswa Unisba karena hasil dari PAI (pendidikan agama Islam) dan melaksanakan pesantren calon mahasiswa sarjana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement