Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tawarkan Asuransi Seumur Hidup, Tesla Optimistis dengan Mobil Otomatisnya

Sabtu 25 Feb 2017 19:05 WIB

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Winda Destiana Putri

Tesla

Tesla

Foto: Dailymail

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Melalui mobil kendali otomatisnya, Tesla tidak hanya sekedar menawarkan kemudahan dalam berkendara. Tesla juga memberikan penawaran paket asuransi dan perawatan mobil seumur hidup.

CEO Tesla, Elon Musk, merasa sangat yakin dengan fitur-fitur keamanan pada mobil kendali otomatis Tesla. oleh karena itu, Musk mulai memberikan penawaran paket asuransi dan perawatan seumur hidup kepada sebagian pelanggan yang memungkinkan mereka untuk tak lagi memusingkan biaya bulanan asuransi maupun biaya perbaikan mobil yang tak terduga.

Kabar ini mulai tersiar pada Rabu lalu. Para pimpinan Tesla meyakini bahwa mereka mampu secara unik mengubah cara baru dalam pemberian harga dan penjualan mobil. "Kami melakukannnya secara diam-diam," ungkap President of Global Sales and Service Tesla, Jonathan McNeill, seperti dilansir Mashable.

Di Asia, lanjut McNeill, mayoritas mobil-mobil Tesla mulai dijual dengan produk asuransi yang telah disesuaikan untuk Tesla. Asuransi ini tidak hanya meliputi fitur-fitur keamanan autopilot tetapi juga biaya perawatan mobil.

Perlu diingat bahwa, layanan ini tidak gratis. Biaya asuransi dan perawatan seumur hidup ini sudah termasuk ke dalam harga pembelian awal. Meski tidak benar-benar gratis, hal ini memberi kemudahan bagi pelanggan untuk mengetahui seberapa besar biaya yang diperlukan untuk mobil baru Tesla dalam jangka panjang. Dan jika fitur autopilot Tesla membuat mobil menjadi lebih aman, maka secara teori tarid asuransi menjadi lebih murah dibandingkan dengan asuransi pada mobil biasa yang tidak dilengkapi fitur kemudi otomatis.

Belum diketahui secara pasti berapa jumlah pasti biaya asuransi dan perawatan seumur hidup ini. Pihak Tesla juga belum memberikan informasi ketika dikonfirmasi. "Ini visi kami di masa di masa depan, bahwa kami dapat memberikan harga tuggal untuk mobil, perawatan dan asuransi dalam seuah penawaran yang menarik bagi pelanggan. Dan saat ini kami sudah melakukannya," lata McNeill.

CEO Tesla, Musk mengatakan langkah ini tidak akan mengganggu pasar asuransi selama perusahaan-perusahaan asuransi setuju untuk bermain dengan baik. Jika diperlukan, musk mengatakan Tesla juga akan melibatkan perusahaan asuransi. Akan tetapi, perusahaan asuransi yang akan menjadi rekan bisnis tersebut tentu harus dapat menyesuaikan biaya asuransi dengan risiko dari mobil Tesla.

Belum diketahui kapan penawaran mobil yang disertai asuransi dan perawatan seumur hidup ini akan diberikan secara luas. Akan tetapi Tesla telah menunjukkan dari waktu ke waktu bahwa perusahaan ini memiliki kebiasaan untuk mengikuti prediksi yang berani.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA