Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Selasa, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

PGN Beri Apresiasi kepada Pelanggaan dengan Solusi PGN 360

Jumat 24 Feb 2017 16:04 WIB

Red: Budi Raharjo

Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sedang memasang jaringan pipa gas bumi. ilustrasi

Petugas PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) sedang memasang jaringan pipa gas bumi. ilustrasi

Foto: foto istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Di tengah kondisi ekonomi global yang sangat dinamis PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) mampu mempertahankan kinerja penyaluran gas bumi ke pelanggan. Seperti di Jawa Timur, konsumsi gas bumi ke pelanggan mampu dipertahankan sebesar 130 billion british thermal unit per day (BBTUD).

"Kami memberikan apresiasi kepada mitra strategis PGN yang sudah menjadi pelanggan gas bumi PGN yang setia. PGN sebagai national gas company, terus berkomitmen melakukan pengembangan dan inovasi untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan agar pelanggan dapat terus memanfaatkan energi baik gas bumi ," ungkap Danny Praditya, Director Commerce PGN, di acara Temu Pelanggan PGN, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (23/2/2017).

Solusi PGN 360 adalah bagian dari upaya PGN untuk tidak hanya menjual energi baik gas bumi tetapi juga business sustainability kepada pelanggan. Danny mengungkapkan, saat ini PGN di Jawa Timur memasok gas bumi ke 26.676 pelanggan, dengan rincian Area Surabaya melayani 19.334 pelanggan, Sidoarjo 6.866 pelanggan dan Pasuruan 476 pelanggan. Volume penyaluran gas bumi mencapai 130 BBTUD.

Untuk nasional, PGN total telah memasok gas bumi ke 1.652 industri besar dan pembangkit listrik, 1.929 pelanggan komersial (hotel, restoran, rumah sakit) dan Usaha Kecil Menengah (UKM), dan 204.000 pelanggan rumah tangga. Pelanggan PGN tersebar di berbagai wilayah mulai dari Sumatra Utara, Kepulauan Riau, Riau, Sumatra Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, dan Sorong, Papua.

Dalam acara Temu Pelanggan tersebut, PGN juga menganugerahkan kepada 18 pelanggan sebagai pelanggan loyal yang secara berkelanjutan setia menggunakan gas bumi PGN. Di tengah persaingan bisnis hilir gas bumi, mereka tetap mempercayakan layanan gas buminya kepada PGN.

"Kami sangat menghargai ke-18 mitra kami karena turut serta dalam menyukseskan penyerapan gas bumi Jawa Timur dan selalu setia menggunakan gas bumi PGN di mana mereka dapat meningkatkan daya saing produknya. Selain itu penggunaan gas bumi PGN juga bukti nyata customer satisfaction yang selalu kami kedepankan dalam melayani pelanggan khususnya lagi komitmen kami dalam faktor safety," ungkap Danny.

Ia menegaskan, kedepannya PGN terus berkomitmen mengembangkan jaringan infrastruktur gas bumi di wilayah Jawa Timur dan daerah lainnya. Tahun ini PGN dalam proses penyelesaian beberapa infrastruktur baru seperti pipa distribusi Gresik–Lamongan–Tuban sepanjang 141 kilometer (km). Untuk meningkatkan keandalan pasokan, PGN juga sedang menyelesaikan stasiun penerima dan pembagi Semare untuk dapat menyalurkan gas bumi dari Husky ke wilayah Pasuruan dan Jawa Timur.

"Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang terus kami genjot pembangunan infrastrukturnya. Selain itu, PGN juga aktif membuka pasar baru pengguna gas bumi, agar semakin banyak masyarakat yang menikmati hematnya menggunakan gas bumi dibanding bahan bakar lainnya," kata Danny.

Saat ini pipa distribusi PGN di Jawa Timur tersebar di Surabaya sepanjang 552 km, di Sidoarjo sepanjang 404 km dan Pasuruan mencapai 199 km. Sehingga total mencapai 1.156 km dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 996,15 km.

"Infrastruktur pipa gas PGN di Jawa Timur meningkat 16 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Secara nasional pipa gas PGN total mencapai lebih dari 7.278 km, jumlah ini setara dengan 80 persen jaringan pipa gas bumi hilir di seluruh Indonesia," tutup Danny.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA