Kamis 23 Feb 2017 11:59 WIB

‘Pekan Depan, Presiden Jokowi Tanda Tangan Perpres Asian Games’

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Israr Itah
Presiden Joko Widodo.
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dana awal Asian Games 2018 hingga kini masih ditunggu-tunggu oleh panitia penyelenggara (INASGOC). Dana sebesar Rp 500 miliar yang dijanjikan awal tahun ini cair masih terganjal soal peraturan Presiden (Perpres) pengadaan barang dan jasa.

Akan tetapi Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) memastikan tak lama lagi persoalan dana tersebut akan segera selesai. “Kalau Perpres tentang Asian Games, Insya Allah pekan depan sudah ditandatangani Pak Presiden jika tidak ada halangan,” kata juru bicara Menpora, Gatot S Dewa Broto kepada Republika.co.id, Kamis (23/2). 

Gatot yang juga Wakil Ketua II INASGOC mengatakan, dana awal Asian Games 2018 tersebut sudah tersedia di Kemenpora. Dia menuturkan, dana tersebut sudah menjadi satu paket anggaran dari Kemenpora. 

Soal dana tersebut, Gatot mengatakan sudah menggelar rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum INASGOC, Erick Thohir pada Senin (20/2) lalu. “Sudah menjadi komitmen bagi INASGOC. Seperti yang disampaikan di rapat, itu (dana Rp 500 miliar) baru bisa diturunkan kalau Perpres tentang Asian Games sudah ada,” ujar Gatot. 

Tak hanya soal Perpres, persetujuan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) juga menjadi hal utama agar dana tersebut segera cair. Menurut Gatot, Kemenkeu mengharapkan INASGOC bisa memiliki satuan kerja tersendiri, Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Badan Pengawan Keuangan (BPK). 

Semua syarat tersebut nantinya akan disetujui oleh Kemenkeu agar dana bisa cair dan digunakan oleh INASGOC. “Kalau itu (persyaratan) semua sudah siap, jadi anggaran pasti sudah turun untuk INASGOC,” jelas Gatot. 

Dengan begitu, Gatot memastikan tidak ada masalah mengenai batas waktu kapan dana tersebut cair. Kesiapan dari INASGOC mengenai KPA dan BPK tersendiri serta adanya Perpres yang pekan depan sudah ditandatangani maka anggaran sudah bisa cair. 

Sementara itu, dana total bantuan pemerintah untuk Asian Games 2018 sekitar empat triliun rupiah belum bisa dipastikan. “Belum ya, yang itu (dana empat triliun rupiah), kami belum bisa bicarakan dana yang itu. Yang penting ini (500 miliar rupiah) turun dulu,” ungkap Gatot. 

Sisa waktu yang dimiliki Indonesia untuk menghelat Asian Games 2018 hanya sekitar 18 bulan lagi. Ajang tersebut akan digelar pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Test event juga akan digelar pada Oktober hingga November 2017 mempertandingan sepuluh cabang olahraga sesuai arahan Dewan Olimpiade Asia (OCA). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement