Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Wednesday, 24 Safar 1441 / 23 October 2019

Meriah, Pentas PAI Kecamatan Parung

Kamis 23 Feb 2017 10:12 WIB

Rep: Irwan Kelana/ Red: Agung Sasongko

Pentas PAI Kecamatan Parung

Pentas PAI Kecamatan Parung

Foto: Dok Bina Ilmu

REPUBLIKA.CO.ID, PARUNG  -- Kelompok Kerja Guru (KKG) Pendidikan Agama Islam (PAI) Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, baru saja menghelat Pentas PAI 2017 jenjang Sekolah Dasar (SD). Acara yang dipusatkan di Perguruan Bina Ilmu, Jl. H. Mawi No. 3 Parung, Bogor, Jawa Barat, berlangsung meriah, Sabtu, (18/2).

Sebanyak 36 SD Negeri dan Swasta se-Kecamatan Parung ikut dalam hajatan besar PAI jenjang SD yang bertajuk ‘’Bangun Generasi Cerdas, Kreatif, Berprestasi, Berakhlak Mulia, Taat kepada Allah SWT dan Rasul-Nya, Berbakti pada Orang Tua.’’

Lima mata lomba yang dipertandingkan panitia antara lain, Lomba Cerdas Cermat (LCC), Musabaqah Hifdzil Qur'an (MHQ), Kaligrafi, Dai Cilik (Dacil) dan Marawis. Acara dimulai pukul 08.00 Wib hingga pukul 15.00 Wib. Kasubag Unit Pelaksana Teknis  Pendidikan (UPTP) X Kecamatan Parung, Holid SE, membuka secara resmi di panggung utama yang dipusatkan di aula kantin Perguruan Bina Ilmu.


Tampak hadir Ketua PGRI Parung, Rahwandi S.Pd, MM, jajaran Pengawas UPTP X Kecamatan Parung, Seluruh kepala SD Negeri, Swasta dan Guru PAI SD se-Kecamatan Parung serta ratusan peserta.     

Ketua Panitia Pentas PAI Jenjang SD Kecamatan Parung, H. Ujang Karim SAg, mengatakan, Pentas PAI merupakan agenda rutin dan seleksi berjenjang dari tingkat kecamatan sampai tingkat nasional. Ujang, mengakui, sebelumnya Pentas PAI di Kecamatan Parung tidak disambut antusias oleh sekolah dasar yang ada.

''Baru dua tahun terakhir ini, Pentas PAI berlangsung semarak dan meriah. Seluruh SD di Kecamatan Parung berpartisipasi mengutus siswa dan siswinya sebagai peserta,'' ucapnya.

Tahun ini, sambung Guru PAI SDN Tajur, lokasi perhelatan dirotasi supaya ada penyegaran. ''Alhamdulillah, kegiatan Pentas PAI 2017 yang biasanya dari tahun ke tahun dipusatkan di Aula PGRI Parung, kini digelar di SD Terpadu Bina Ilmu karena lokasinya sangat strategis,''kata Ujang penuh syukur.

Ujang sangat terbantu dengan keterlibatan pihak Perguruan Bina Ilmu, di tengah minimnya pendanaan yang digelontorkan ke panitia untuk menghelat Pentas PAI tahun ini.

''Kami merasa bersyukur dan sangat terbantu dengan keterlibatan rekan-rekan dari SDT Bina Ilmu. Selain pengurus dan panitia Pentas PAI sudah berusia mendekati purna bakti dan kami terbentur dengan pendanaan yang minim.  Untuk itu kami memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pihak SDT Bina Ilmu yang telah menyiapkan panggung yang megah dan pengeras suara yang memadai untuk setiap mata lomba sehingga para peserta sangat antusias mengikuti perlombaan,'' tandasnya.



Sementara itu Koordinator Pentas PAI dari SDT Bina Ilmu, Nurcholis, SHI, merinci jumlah peserta yang berpartisipasi pada ajang Pentas PAI 2017 Kecamatan Parung. ''Marawis diikuti sembilan tim, Lomba Cerdas Cermat 24 regu, Kaligrafi putra 29 dan putri 27. Sementara MHQ putra 34 dan putri 34 peserta. Dai Cilik putra diikuti 35 peserta dan putri diikuti 32 siswi.''

Dari ajang ini, sambung Guru Kelas III SDT Bina Ilmu, nantinya setiap juara pertama dari masing-masing lomba akan dikirim untuk mewakili Kecamatan Parung dalam ajang Pentas PAI Tingkat Kabupaten Bogor yang akan diselenggarakan di Yayasan Daarul Faata, Bojong Gede, Bogor, pada akhir Maret 2017. ''Tahun ini yang keluar sebagai juara umum SDIT Daarul Muttaqien, Jabon Mekar, Parung, dengan meraih empat emas dan satu perunggu, disusul SDS Asyiriyah Nurul Iman, Bojong Sempu, Parung, dengan meraih dua emas, satu perak dan SDT Bina Ilmu, Parung, sebagai juara ketiga dengan meraih satu emas, empat perak.''

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA