Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Sabtu, 23 Zulhijjah 1440 / 24 Agustus 2019

Kemendag Bakal Revitalisasi 272 Pasar Rakyat Selama 2017

Jumat 17 Feb 2017 16:26 WIB

Rep: Halimatus Sa'diyah/ Red: Andi Nur Aminah

Revitalisasi Pasar Tradisional

Revitalisasi Pasar Tradisional

Foto: ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perdagangan menargetkan untuk membangun dan merevitalisasi 272 unit pasar rakyat selama 2017. Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Karyanto Suprih mengatakan, pembangunan dan peremajaan pasar rakyat tersebut akan menggunakan dana Tugas Pembantuan serta Dana Alokasi Khusus (DAK) yang sudah dialokasikan ke kabupaten/kota. 

Karyanto menyebut, alokasi dana yang diberikan untuk pasar rakyat berbeda-beda, tergantung tipe tiap pasar. "Untuk pasar rakyat Tipe A dialokasikan anggaran Rp 11,5 miliar, Tipe B Rp 7,7 miliar, Tipe C Rp 5,8 miliar dan Tipe D Rp 3,6 miliar," ucapnya, di gedung Kementerian Perdagangan, Jumat (16/2). 

Karyanto berharap sektor perdagangan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar pada pertumbuhan ekonomi tahun ini. Salah satu upaya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi tersebut yakni dengan membangun pasar-pasar rakyat. 

Kementerian Perdagangan sendiri akan menggelar rapat kerja pada 20-22 Februari mendatang. Karyanto mengatakan, rapat kerja tersebut akan membahas penataan sistem perdagangan yang mencakup distribusi, sarana dan prasarana perdagangan dan pengawasan barang. Raker juga akan membahas upaya peningkatan mutu serta upaya menjaga keseimbangan pasokan produk. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA