Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tips Kiat Berburu Pekerjaan

Kamis 16 Feb 2017 15:19 WIB

Rep: Novita Intan/ Red: Esthi Maharani

Para pencari kerja mencari informasi lowongan kerja saat bursa kerja saat Indonesia Career Expo di Smesco Convention Hall, Jakarta, Jumat (8/1).  (Republika/Agung Supriyanto)

Para pencari kerja mencari informasi lowongan kerja saat bursa kerja saat Indonesia Career Expo di Smesco Convention Hall, Jakarta, Jumat (8/1). (Republika/Agung Supriyanto)

REPUBLIKA.CO.ID, Menemukan pekerjaan baru yang sempurna bisa menjadi sesuatu yang menantang. Tak heran, para pelamar kerja berbondong-bondong mencari tips atau kiat di internet untuk dapat mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan.

Seperti dilansir, The Guardian, Kamis (16/2) Kolomnis The Guardian, Andrew Fennell, memberikan tips-tips baru bagi para pelamar kerja untuk bisa memenangi persaingan di bursa lapangan kerja yang kian ketat.

Pertama, lamaran kerja soal angka
Saat ini bursa lapangan kerja memiliki banyak calon untuk mengisi satu posisi di perusahaannya. Anda dianjurkan untuk mengirim sebanyak mungkin surat lamaran ke perusahaan tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk meningkatkan kesempatan mendapatkan pekerjaan.

Kedua, sesuaikan CV
Sebaiknya para pelamar kerja mengisi resume yang relevan dengan jenis pekerjaan yang dituju. Sebab, selama ini para pelamar hanya melakukan personalisasi pada surat lamaran saja.

Ketiga, jangan andalkan situs lowongan kerja
Para pelamar kerja dianjurkan untuk mencari alternatif sumber informasi pekerjaan. Pasalnya, situs lowongan kerja biasanya sudah dibanjiri para pelamar.

Saat ini, Anda diminta untuk mencari jejaring sosial eksis lainnya seperti jalur di Linkedln, justru banyak perusahaan yang mencari kandidat melalui situs tersebut. Metode ini memang membutuhkan ketekunan karena tidak setiap perusahaan sedang membuka lowongan tapi kandidat hanya butuh kesempatan sekali untuk bisa sukses mendapatkan jadwal wawancara

Terakhir, rajin mengangkat telepon
Meski saat ini memasuki era digital, banyak perusahaan masih bisa menggunakan via telepon untuk menghubungi kandidat. Jadi, jika Anda mengirim lamaran pekerjaan secara daring dan belum ada jawaban dalam beberapa hari, Anda tidak perlu ragu untuk mengangkat telepon atau menelepon perusahaan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA