Senin 27 Aug 2012 22:25 WIB

Indonesia Targetkan Tiga Besar Kejuaraan Panjang Tebing

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Chairul Akhmad
Salah satu atlet panjang tebing Indonesia dalam sebuah kejuaraan di Tanah Air.
Foto: Antara/Kasriadi
Salah satu atlet panjang tebing Indonesia dalam sebuah kejuaraan di Tanah Air.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) mengirimkan 13 orang atlet ke kejuaraan panjat tebing World Youth Championship 2012 di Singapura.

Kejuaraan ini dihelat Singapore Mounteineering Federation (SMF) dan International Federation of Sport Climbing (IFSC) mulai 29 Agustus hingga 1 September. Peserta dibatasi antara umur 16 hingga 19 tahun.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) FPTI, Akil Mochtar, mengatakan target yang dicanangkannya adalah meraih banyak medali. Bahkan, kalau memungkinkan bisa menembus tiga besar dunia.

Akil yang juga Hakim Konstitusi menilai hal itu bukan mustahil untuk diraih, sebab Indonesia menjadi kekuatan yang disegani di level Asia.

"Untuk panjat tebing, kita memang punya prestasi. Kejuaraan ini semoga bisa menambah atlet kita yang mempunyai prestasi internasional," ujarnya di Jakarta, Senin (27/8).

Manajer Tim Indonesia, Kuntono, mengatakan atlet yang diberangkatkan berasal dari berbagai Pengprov, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Bali, Riau, NTB, dan Kalimantan Timur. 

Untuk tingkat Asia, atlet Indonesia sudah banyak mempunyai prestasi. Pada kejuaraan Asian Youth Championship di Singapura 2011, Indonesia memperoleh enam medali emas, mengalahkan Jepang dan Korea Selatan yang langganan juara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement