Jumat 06 Apr 2012 17:00 WIB

Dansa Chaca Dipertandingkan di PON Riau

Rep: Citra Listya Rini/ Red: Dewi Mardiani
Tono Suratman
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Tono Suratman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah masa pendaftaran berakhir, Rabu (4/4) pukul 00.00 WIB, Komite Olah raga Nasional Indonesia (KONI) Pusat mengumumkan cabang olah raga (cabor) tambahan yang akan diikutsertakan di PON XVIII Riau 2012 adalah dansa.

 

"Hanya cabor dansa yang lolos ke PON XVIII Riau. Itu pun hanya untuk kelas chaca (dansa Waltz, Tango, Quick Step, dan Slow Fox tidak diikutsertakan)," kata Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman seusai pendandatanganan MoU Kerja sama antara KONI dan Telkomsel di Jakarta, Kamis (5/4).

 

Dijelaskan Tono, lolosnya cabor dansa tersebut karena dianggap telah memenuhi persyaratan yang ditentukan. KONI provinsi yang mendaftarkan diri pun lima provinsi. Kelima provinsi itu adalah Kalimantan Selatan, Jawa Barat, Papua Barat, Sulawesi Selatan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sementara itu, dua cabor yang diajukan sebelumnya, hoki dan drumband, tegas Tono, resmi didrop. Pasalnya, cabor hoki dan drumband hanya didaftarkan oleh empat provinsi. Jadi, dianggap tidak memenuhi syarat meski sudah ikut tahapan prakualifikasi.

 

Menyoal adanya penolakan dari lembaga adat di Riau untuk cabor dansa, KONI Pusat segera mungkin akan melakukan pendekatan dengan lembaga adat tersebut dan PB PON Riau XVIII. Dijawalkan pekan depan, pendekatan tersebut dilakukan sesuai regulasi yang berlaku.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement