Senin 05 Mar 2012 19:33 WIB

Chris John Raih Lifetime Achievement Award dari WBA

Rep: Friska Yolandha/ Red: Heri Ruslan
Chris John. Ilustrasi
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Chris John. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Petinju profesional Indonesia, Chris John, kembali menorehkan prestasi istimewa. Tidak terkalahkan selama satu dekade, Chris John dianugerahi penghargaan Lifetime Achievement Award oleh Badan Tinju Dunia (WBA).

Sembilan tahun terakhir Chris tidak terkalahkan pada semua pertandingan. Bila ditotal, Chris telah melakukan 15 pertandingan dalam waktu 9 tahun. Pemain yang dijuluki ini the Dragon ini telah bermain sebanyak 46 pertandingan, dua kali seri dan belum terkalahkan.

Petinju kelas bulu 57.1 kg ini menerima penghargaan tersebut pada malam penghargaan WBA yang ke-40 di Panama City pada 29 Februari. Chris meraih penghargaan bersama empat puluh petinju dunia lain.

"Ini kebanggaan bagi sayadan tim. Keberhasilan ini tidak hanya berasal dari usaha saya saja, tetapi juga kerja sama dengan promotor dan pelatih," ujar petinju 32 tahun tersebut dalam pertemuannya dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Andi Malarangeng, di Senayan, Senin (5/3).

Chris mengungkapan ada banyak hal yang ia lakukan demi mendapatkan gelar ini. Prestasi yang ia capai tidak ia dapat dengan instan, namun melalui usaha diri sendiri dan tim.

Andi Malarangeng mengungkapkan kebanggaannya atas prestasi yang diraih Chris di tingkat dunia. Chris merupakan orang Indonesia pertama yang meraih penghargaan tersebut.

Ia berharap prestasi yang diraih Chris ini dapat menjadi inspirasi bagi petinju-petinju Indonesia yang lain, baik amatir maupun profesional. "Jangan hanya Chris John saja yang berprestasi, tetapi juga petinju dari kelas-kelas yang berbeda." kata Andi.

Namun demikian catatan petinju Banjarnegara ini belum mampu melampaui catatan petinju Panama, Euseubio Pedroza. Chris harus empat kali lagi menang berturut-turut untuk memecahkan rekor Pedroza.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement