Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

Minggu, 9 Rabiul Akhir 1440 / 16 Desember 2018

800 Peserta dari 40 Negara akan Ikuti Tour de Bintan

Sabtu 18 Feb 2017 14:29 WIB

Red: Andri Saubani

Tour de Bintan.

Tour de Bintan.

Foto: Antarafoto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –Sedikitnya 800 pebalap sepeda dari 70 tim dan komunitas di 40 negara termasuk Indonesia selaku tuan rumah bakal mengikuti balap sepeda internasional Tour de Bintan di Kepulauan Riau pada 3-5 Maret 2017. Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kementerian Pariwisata Esthy Reko Astuti dalam keterangan di Jakarta, Sabtu (19/2), menyebutkan, kegiatan olahraga wisata tersebut memiliki dampak ekonomi yang sangat tinggi.

Ia mengatakan Tour de Bintan tahun lalu nilai dampak ekonomi langsung mencapai Rp 30 miliar. Sedangkan, dampak tak langsungnya termasuk nilai media dari sekitar 150 media internasional yang meliput kegiatan itu mencapai Rp 20 miliar.

Oleh karena itu, katanya Kementerian Pariwisata mendukung penuh penyelenggaraan kejuaraan tersebut. Tour de Bintan sudah masuk dalam kalender balap sepeda dunia untuk kategori Grand Fondo World Series 2017. Bagi pebalap sepeda dunia, termasuk turis mancanegara dari Singapura, katanya perhelatan kejuaraan itu merupakan acara yang sangat menyenangkan.

Kompetisi Tour de Bintan tahun ini kembali dibagi dalam dua kelompok. Kelompok pertama kelas kompetitif terdapat empat kategori, tiga kategori untuk pebalap pria dan satu kategori untuk pebalap wanita. Kelompok lainnya adalah gran fondo, bagi mereka yang memiliki jiwa petualang tinggi untuk menggenjot laju sepeda selama dua hari dengan total lintasan 260 km.

Adapun, untuk mereka yang hanya ingin bersepeda satu hari dapat memilih antara "gran fondo classic" sepanjang 153 km dan "gran fondo challenge" sepanjang 82 km. Disebutkan, bahwa Kepala Dinas Pariwisata Kepulauan Riau Buralimar dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bintan Luki Zaiman Prawira telah siap menyukseskan Tour de Bintan dengan mengincar pula wisatawan dari Singapura.

Sumber : Antara
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES