Sabtu 13 Aug 2016 10:17 WIB
Olimpiade 2016

Tiga Ganda Penentuan Juara Grup, Hendra/Ahsan Hadapi Laga Hidup-Mati

Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.
Foto: PBSI
Pasangan ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Hasil pertandingan empat ganda yang menjadi wakil Indonesia di cabang bulu tangkis ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, berbeda. Tiga pasangan ganda memperolah dua kemenangan dan tinggal melanjutkan laga untuk memperebutkan juara grup. Sedangkan satu pasangan akan menjalani laga hidup-mati pada Sabtu (13/8).

Pasangan ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan secara mengejutkan mengalami kekalahan pertamanya terhadap pasangan Jepang, Hiroyuki Endo/Kenichi Hayakawa dengan 17-21, 21-16 dan 14-21. Ini merupakan kekalahan pertama Hendra/Ahsan dari 10 pertemuan kedua pasangan.

Dengan kekalahan ini, Hendra/Ahsan mengantongi masing-masing satu kali kemenangan dan kekalahan. Endo/Hayakawa dipastikan menjadi juara grup karena laga terakhir melawan pasangan 'lemah' dari India, Manu Attri/Summeth Reddy.

Sedangkan Hendra/Ahsan harus memperebutkan status sebagai runner up melawan pasangan kuat Cina, Hong Wei/Chai Biao yang juga sama-sama meraih satu kali kemenangan dan satu kali kekalahan. Mau tidak mau Hendra/Ahsan harus memenangkan laga ini.

Pasalnya hanya juara dan runner up grup yang akan lolos ke babak perempat final. Jika Hendra/Ahsan menang dan lolos sebagai runner up, maka akan melawan juara grup di babak perempat final. Tentunya akan menjadi laga yang tidak mudah untuk Hendra/Ahsan.

Akan tetapi, jika Hendra/Ahsan kalah melawan Chai/Hong maka akan dipastikan tidak lolos ke babak perempat final. Hendra terpaksa harus mengubur mimpinya untuk meraih emas keduanya di Olimpiade. Sedangkan Ahsan kembali gagal meraih medali di Olimpiade keduanya.

Sedangkan tiga ganda Indonesia lainnya telah aman dengan mengantongi dua kali kemenangan. Ganda putri Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari akan berebut juara grup melawan pasangan Malaysia, Vivian Kah Mun Hoo/Woon Khe Wei.

Dua pasangan ganda campuran Indonesia juga mengantongi dua kali kemenangan. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan memperebutkan juara grup melawan pasangan Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying. Praveen Jordan/Debby Susanto akan memperebutkan juara grup melawan pasangan peringkat satu dunia dari Cina, Zhang Nan/Zhao Yunlei.

Sementara itu, wakil Indonesia di sektor tunggal masih menjalani fase grup. Tommy Sugiarto sudah memenangi laga pertama melawan pemain dari Amerika Serikat, Howard Shu. Sedangkan pemain tunggal putri, Linda Wenifanetri baru akan menjalani laga pertama hari ini melawan pemain Vietnam, Vi Thi Trang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement