Selasa 22 Aug 2017 09:56 WIB

Empat Wakil Indonesia ke Babak Kedua Kejuaraan Dunia

Mohammad Ahsan (kanan)/Rian Agung Saputro.
Foto: Humas PBSI
Mohammad Ahsan (kanan)/Rian Agung Saputro.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Empat wakil Indonesia berhasil melewati babak pertama Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2017 di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Senin (21/8) waktu setempat. Wakil-wakil Indonesia berhasil mengalahkan lawan-lawannya pada babak pertama.

Pemain tunggal putri Lyanny Alessandra Mainaky menang straight game atas Kate Foo Kune (Mauritus), dengan skor 21-11, 21-16. Masih di sektor tunggal, Tommy Sugiarto juga lolos usai menekuk pemain senior asal Hong Kong, Hu Yun, juga dalam permainan dua gim langsung, 21-16, 21-15.

Dua pasangan ganda campuran profesional mendapat kesempatan berlaga di ajang kejuaraan dunia tahun ini, yakni. Irfan Fadhilah/Weni Anggraini dan Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia. Sayang, nasib keduanya berbeda.

Irfan/Weni harus mengakui keunggulan pasangan Prancis, Ronan Labar/Audrey Fontaine, dengan skor 13-21, 21-11, 25-27. Irfan mengatakan, pada gim pertama mereka belum menemukan ritme permainan yang pas.Berbeda dengan gim kedua dan ketiga. Sayangnya, kata dia, waktu poin-poin kritis mereka kami terlalu terburu-buru ingin mematikan lawan.

"Sempat disayangkan juga padahal di gim ketiga wasit sempat memberikan kartu merah ke lawan dan poin kami bertambah. Kemudian lawan protes dan wasit tidak jadi memberikan kartu merah dan poin batal kami dapatkan,” kata Irfan dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (22/8).

Irfan juga menyebut ada faktor non-teknis. Koper miliknya yang berisi peralatan bertanding terlambat tiba hingga saat pertandingan. Alhasil Irfan harus menggunakan raket baru yang disebutnya masih terasa kaku.

“Kami cuma bisa pasrah, tetapi ini tidak bisa kami jadikan sebagai alasan kekalahan kami, memang begini keadannya, kami harus mengambil pelajaran dari kejadian ini,” kata dia.

Sementara itu, pasangan Lukhi Apri Nugroho/Ririn Amelia berhasil melaju ke babak kedua dengan mengalahkan Toby Ng/Rachel Honderich (Kanada) dengan skor 21-14, 23-25, 21-18.

“Kami mengakui memang agak kendor di gim kedua, kami sudah bisa memimpin perolehan angka, lalu bisa dikejar oleh lawan, kami jadi panik dan banyak melakukan kesalahan sendiri,” ungkap Ririn.

Selain itu, pasangan ganda putra pelatnas, Mohammad Ahsan/Rian Agung Saputro juga mengamankan tiket babak kedua dengan mengalahkan wakil Swedia, Richard Eidestedt/Nico Ruponen, dengan skor 21-15, 21-18.

Sementara wakil Indonesia lainnya mendapat bye pada babak pertama dan mulai bertanding Selasa (22/8). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement