Kamis 13 Jun 2013 16:27 WIB
Indonesia Terbuka 2013

Hayom Melenggang ke Perempat Final

 Dionysius Hayom Rumbaka
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Dionysius Hayom Rumbaka

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tunggal putra Indonesia, Dionysius Hayom Rumbaka, melaju ke babak perempat final setelah membungkam pemain Jepang, Takuma Ueda, 18-21, 21-12, 22-20 pada putaran kedua Djarum Indonesia Terbuka 2013 di Istora Senayan, Jakarta, Kamis.

Kemenangan ini menjadi pembalasan Hayom atas kekalahannya di pertemuan ketiga mereka pada turnamen Vietnam Terbuka tahun lalu.

"Saya mencoba bermain yang terbaik. Ditambah dengan arah angin yang menguntungkan saya," kata Hayom usai bertanding.

Pada game pertama, Hayom gagal mencegah langkah Ueda yang mengontrol permainan dengan baik. Hayom menyerah 18-21.

Namun, di game kedua, Hayom dengan mudah mengembalikan keadaan. Ia terus memimpin permainan dan tidak membiarkan pemain peringkat 16 dunia itu membalap skornya. Akhirnya, Hayom berhasil memaksa Ueda memainkan rubber game.

"Pada game pertama, saya masih bisa kontrol karena angin mendukung. Tetapi, pada game kedua sudah susah. Game ketiga tempo permainan saya jadi melambat," tutur Ueda menjelaskan penyebab kekalahannya.

Game ketiga berlangsung lebih sengit. Skor ketat tidak dapat terhindarkan hingga catatan angka 9-9. Hayom sempat tertinggal 13-17.

Namun, strategi permainan dan keuntungan faktor angin membantu Hayom mengejar Ueda hingga skor kembali terpaut tipis 17-18. Ueda kembali kehilangan kontrol. Hayom memanfaatkan peluang ini untuk membalap dan unggul 20-18.

Sebenarnya Hayom tinggal membutuhkan satu tembakan lagi untuk menutup pertandingan dengan kemenangan. Namun, pukulan Hayom malah menabrak net yang membuat penonton pun gemas. Kesalahan Hayom ini menjadi momen bagi Ueda untuk menyusul dan skor pun menjadi 20-20.

Tetapi dengan cemerlang Hayom berhasil mengontrol kembali permainan. Saat keduanya bermain pukulan-pukulan tipis, Hayom menyulitkan Ueda dengan pukulan pendek yang menyamping.

Ueda tak berkutik. Hayom akhirnya menang 22-20. Ribuan penonton bersorak sorai merayakan kemenangannya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement