Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Rabu, 19 Sya'ban 1440 / 24 April 2019

Sepak Bola

Jabar Raih Medali Emas Sepak Bola Lewat Adu Penalti

Rabu 28 Sep 2016 23:49 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Israr Itah

PON XIX Jawa Barat

PON XIX Jawa Barat

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, SOREANG -- Tim Jawa Barat (Jabar) berhasil meraih medali emas cabang olahraga (cabor) sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 usai mengalahkan Sulawesi Selatan (Sulsel) secara dramatis melalui adu penalti dengan skor 5-4, yang digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, Rabu (26/9).

Kemenangan atas Sulsel diperoleh tuan rumah dengan tidak mudah. Jabar yang tampil menekan di awal pertandingan menemui kegagalan. Solidnya pertahanan Sulsel menjadi salah satu sebab pertandingan harus berjalan imbang selama 120 menit.

Bermain dihadapan 20 ribu  penonton Jabar sejatinya tampil terbuka sejak menit awal. Namun, tembok kokoh yang dibangun kapten Sulses, Adi Setiawan membuat lini gedor Jabar kesulitan.

Sebaliknya, Sulse yang mengandlakan serangan balik sempat membahayakan gawang Jabar yang dijaga oleh M Natsir. Tetapi, Dewi Fortuna belum berada di sisi 'Tim Ayam Jantan dari Timur'.

Di waktu normal, Sulsel lebih dulu mengancam pada menit 30. Dari luar kotak penalti, Asnawi Mangkualam Bahar melepas tendangan spekulasi. Namun, usahanya masih menyamping dari gawang Jabar.

Selang empat menit, giliran Jabar yang mengancam melalui Erwin Ramdani. Melalui sudut sempit, Erwin mengirim bola ke tiang jauh. Akan tetapi, usahanya tak membuahkan hasil.

Menit ke-74, Febrry Haryadi nyaris membuka keunggulan Jabar. Dari dalam kotak penalti ia mengirim tembakan. Sayang, bola terlalu pelan dan tidak akurat. Hingga waktu normal dan babak tambahan berakhir, skor tetap imbang 0-0. Laga pun dilanjutkan ke adu penalti.

Kebuntuan yang terus dialami membuat pertandingan harus masuk ke babak adu penalti. Lewat babak itu pula, Jabar memastikan diri meraih medali emas.

Jabar sempat teringgal 2-3 setelah penendang ketiga Erwin Ramdani gagal menyarangkan bola ke gawang Syaiful kiper Sulsel. Keberuntungan diperoleh, di mana penendang kelima Sulsel, Irfan Arifandi tak bisa memasukkan bola sehingga skor menjadi 4-4.

Sugianto yang menjadi penendang terakhir bagi Jabar sukses mengkecoh kiper lawan, skor 5-4 tetap bertahan. Sementara penendang Sulsel Alfuad digagalkan M. Natshir. Jabar pun menang dengan skor 5-4.

Atas hasil ini Sulawesi Selatan harus puas mendapat medali perak. Sementara medali perunggu dimiliki oleh Papua setelah mengalahkan Sumatera Selatan 1-0, Selasa (27/9).

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA