Rabu 28 Sep 2016 12:44 WIB

Fakta-Fakta Menarik Jelang Laga Puncak Bulu Tangkis PON XIX

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Andri Saubani
Pertandingan bulu tangkis putra pada PON XIX.
Foto: REPUBLIKAFOTO/Gilang Akbar Prambadi
Pertandingan bulu tangkis putra pada PON XIX.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON – Perebutan medali emas cabang olahraga bulu tangkis PON XIX mencapai puncaknya hari ini, Rabu (28/9). Setelah merampungkan laga beregu putra dan putri yang medali emasnya dimenangkan tuan rumah, Jawa Barat (Jabar), kini final lima nomor perseorangan akan dipertandingkan. 

Medali emas tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran akan diperebutkan di GOR Bima, Kota Cirebon, Jabar. Banyak fakta menarik jelang final bulu tangkis perseorangan ini.

Kontingen DKI Jakarta mendominasi babak final dengan menempatkan lima atlet di semua nomor. Andai para duta ibu kota bisa memenangi masing-masing laga final yang mereka lalui, maka DKI Jakarta otomatis jadi juara umum bulu tangkis PON kali ini dengan lima emas.

Hal menarik lainnya adalah soal kebugaran bintang bulu tangkis Indonesia, Praveen Jordan. Peraih gelar All England 2016 ini sanggup melangkah ke final dengan dua pasangannya. Di nomor spesialisasinya, campuran, dia menyelesaikan semua laga perseorangan bersama Melati Oktavianti dengan kemenangan hingga tembus babak final.

Kekuatan fisik Jordan benar-benar prima. Di nomor ganda putra, Jordan juga bisa melaju ke final bersama pasangannya Kenas Adi Haryanto. Padahal untuk mencapai final di dua nomor, Jordan harus bertanding dua kali sehari, lebih banyak dari yang dilakukan oleh atlet manapun di cabor bulu tangkis PON kali ini.

Fakta menarik lainnya adalah bertumbangannya atlet tuan rumah di nomor perseorangan. Wakil putra Jabar bahkan semua sudah kandas di babak semifinal. Padahal, beberapa hari sebelumnya mereka sukses menggondol emas beregu putra PON XIX.

Jabar hanya menyisakan pasukan mojang mereka di final. Mereka adalah tunggal Hanna Ramadini dan ganda putri, Suci Rizki Andini/Tiara Rosalia Nuraidah. Laga final perseorangan akan digelar mulai pukul 14.00 WIB di GOR Bima, Kota Cirebon Jabar. Seluruh pertandingan akan digelar di lapang dua yang letaknya persis di titik tengah GOR berkapasitas 4.000 penonton itu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement