Senin 04 Apr 2016 03:45 WIB

Diwarnai Pembalap yang Bertumbangan, Marquez Menangi GP Argentina

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Israr Itah
Marc Marquez
Foto: EPA/DAVID FERNANDEZ
Marc Marquez

REPUBLIKA.CO.ID, BUENOS AIRES—Pembalap Repsol Honda Marc Marquez keluar sebagai pemenang dalam seri kedua musim 2016, GP Argentina di Autódromo Termas de Río Hondo, Buenos Aires, Senin (4/4) dini hari WIB. Marquez mencatatkan waktu tercepat 34 menit 13,628 detik.

Sepanjang balapan, terjadi banyak insiden yang membuat seri berjalan menegangkan. Marquez yang menempati pole position saat start bisa terus melaju mengatasi para rider di belakangnya. Termasuk pembalap Yamaha Movistar, Jorge Lorenzo yang terjatuh pada lap kelima.

Memasuki lap kesembilan, pertarungan ketat terjadi antara Marquez dan seterunya, Valentino Rossi. Kedua pembalap yang berkonflik musim lalu itu saling susul menyusul. Perbedaan jarak antara kedua pembalap hanya 0,4 detik saja.

Jelang lap kesepuluh, Marquez yang masuk ke dalam box untuk mengganti motor diikuti oleh Rossi. Di sinilah titik balik pertarungan kedua pembalap terjadi.

Ketika kedua rider kembali ke trek, Marquez melesat lebih dulu lalu diikuti Rossi. Ketika Marquez melesat trek sedang kosong, namun tiba giliran Rossi dia malah terhalang oleh pembalap Suzuki, Maverick Vinales yang sudah berada di lintasan menempel Baby Alien.

Alhasil, pembalap Yamaha Movistar turun ke peringkat kedua dan kehilangan banyak waktu untuk menempel Marquez karena harus meladeni Vinales. Tak lama, Rossi mampu menyusul Vinales dan kembali berada di belakang Marquez.

Tak berselang lama, Vinales yang berada di peringkat ketiga malah terjatuh saat berusaha kembali mengejar Rossi. Dua pembalap di belakangnya pun langsung menancap gas menggantikan Vinales mengejar Rossi. Dua pembalap tersebut adalah duo Ducati, Andre Iannone dan Andrea Dovizioso.

Saat Marquez kian menjauh, Rossi malah semakin sulit menggeber kuda besinya karena masif ditempel ketat oleh duet Ducati. Memasuki lap ke-19, the Doctor tampak akan kehilangan podium karena disusul berturut-turut oleh Dovizioso dan Iannone.

Namun sekali lagi, Rossi meraih keberuntungan karena memasuki tikungan terakhir, kedua pembalap di depannya malah terjatuh. Berawal dari aksi seruduk Iannone yang ingin menyusul Dovizioso, tindakan pembalap asal Italia itu malah berujung petaka.

Selain menjatuhkan dirinya sendiri, Iannone juga menyenggol Dovizioso. Kedua pembalap pun terjatuh dan di saat bersamaan, Rossi mengambil tempat kedua. Hampir bersamaan pula, Marquez yang sendirian di depan akhirnya finish setelah nyaris tanpa perlawanan sejak meninggalkan Rossi di lap kesepuluh.

Rossi lalu menyelesaikan balapan di peringkat kedua dengan catatan 34 menit 21,307 detik. Diikuti pembalap Respol Honda, Dani Pedrosa yang menyentuh garis akhir dengan kemasan waktu 34 menit 41,728 detik .

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement